0%
logo header
Senin, 04 Juli 2022 20:43

Utus 400 Mahasiswa KKN, IAIN Kendari Bawa Misi Pembinaan Mental Kerohanian Masyarakat Wakatobi

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Bupati Wakatobi, Haliana, saat menerima 400 Mahasiswa KKN dari IAIN Kendari di Halaman Sekretariat Daerah, Minggu (03/07/2022). (Istimewa)
Bupati Wakatobi, Haliana, saat menerima 400 Mahasiswa KKN dari IAIN Kendari di Halaman Sekretariat Daerah, Minggu (03/07/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, WAKATOBI —
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, menugaskan 400 mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Mereka diterima oleh Bupati Wakatobi, Haliana, di Sekretariat Daerah, pada Minggu (03/07/2022) malam.

Ratusan calon Sarjana tersebut akan menjalankan sejumlah kegiatan program-program pembinaan mental kerohanian selama 45 hari kedepan yang tersebar pada 41 Desa/Kelurahan di Kecamatan Wangiwangi dan Wangi-wangi Selatan.

Baca Juga : Temui Masyarakat Pulau Kaledupa, Bupati Wakatobi Sampaikan Keseriusan Pemda Maksimalkan Penyalaan Listrik 24 Jam

“Untuk programnya tentu kami dari perguruan tinggi keagamaan lebih mengarah kepada pembinaan mental kerohanian yang bersifat non fisik. Ada program-program pembinaan Tempat Pengajian Anak (TPA) ,Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), ada pembinaan Majelis Taklim, Remaja Masjid, Tahlilan, Yasinan,” beber Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Kendari, Husain Insawan.

Husain mengungkapkan, program-program keagamaan yang akan direalisasikan mahasiswa KKN IAIN Kendari sangat relevan dengan visi religius Pemkab Wakatobi. “Kami juga punya mahasiswa hafiz dan hafizah tilawah dan sebagainya, kumpul semuanya. Apalagi kalau tidak salah pada tanggal 25 akan ada MTQ Provinsi mereka bisa jadi wakil Wakatobi,” terangnya.

Kegiatan KKN ini lanjut Husain, merupakan tindaklanjut MoU antar Pemkab Wakatobi bersama IAIN Kendari, hubungan baik antar IAIN Kendari bersama Pemkab juga telah terjalin sudah cukup lama.

Baca Juga : Pemda Wakatobi Bersama DPRD Komitmen Percepatan Penurunan Stunting

“Misalnya biasa ada bantuan pendidikan yang sudah diberikan kepada mahasiswa kita yang berasal dari Wakatobi dan itu sudah dimulai dari beberapa tahun yang lalu,” tuturnya.

Ratusan mahasiswa KKN IAIN Kendari ini tergabung dalam 19 Program Studi, serta 4 Fakultas yakni  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Ushuluddin Husuludin Adab dan Dakwah.

Selainlankan program pembinaan mental kerohanian IAIN Kendari juga akan membantu mensosialisasikan sektor pariwisata Wakatobi lewat Medsos Desa.

Baca Juga : Wakatobi Keciprat 1,6 Ton Bantuan Bibit Rumput Laut Cottonii

“Misalnya kita minta untuk membuat medsos desa instagramnya, yutubnya, facebooknya, lalu kemudian twiternya jadi setiap ada aktivitas yang dilakukan di desa itu mereka bisa langsung upload disitu,” tutupnya.

Penulis : Gayus Irwadi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646