0%
logo header
Rabu, 29 Mei 2024 14:49

33 SMP dan MTs Ikut di Muna OSN Berbasis ANBK

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Proses OSN di salah satu ruangan SMPN 1 Raha. (Foto: Rustam / Republiknews.co.id)
Proses OSN di salah satu ruangan SMPN 1 Raha. (Foto: Rustam / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MUNA — Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Raha menjadi tuan rumah Olimpiade Sains Nasional (OSN) berbasis ANBK jenjang SMP/MTs Se-Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak Rabu 29 Mei hingga Kamis 30 Mei 2024.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna Rahmat Raeba melalui Kabid Pembinaan SMP, Sukur mengatakan, kegiatan OSN berbasis ANBK jenjang SMP/MTs dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang terfokus ke satu server.

“Di Muna sendiri, SMP 1 Raha ditunjuk menjadi tuan rumah karna fasilitas dan prasarana di sini sangat memadai,” kata Sukur yang ditemui awak media disela kegiatan OSN di SMPN 1 Raha, Rabu (29/05/2024).

Baca Juga : Plt Bupati Muna Lantik 31 Pejabat Eselon II

“OSN berbasis ANBK ini diikuti oleh 33 SMP dan MTs di Bumi Sowite, dengan jumlah peserta sebanyak 296 siswa-siswi. Sedangkan untuk mata pelajaran yang diikuti para siswa yang diutus masing-masing sekolah pada OSN tersebut adalah IPA, Matematika dan IPS,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Raha Jumadi Safani ditanyakan mengapa SMPN 1 Raha di tunjuk jadi tuhan rumah OSN Berbasis ANBK. Ia mengatakan karena sarana komputer yang kecepatan jaringan Wifi sudah memadai.

“Sebelumnya kecepatan 20 MB kami tingkatkan menjadi 50 MB. Kami selaku tuan rumah telah berupaya semaksimal mungkin untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Muna Raih WTP Delapan Kali Berturut-turut

Jumadi juga menjelaskan, jumlah fasilitas komputer yang ada disini kurang lebih 100 unit yang ditempatkan pada tiga ruangan.

“Kami sendiri SMP 1 Raha mengutus 15 orang peserta didik untuk mengikuti tiga mata pelajaran di OSN ini,” pungkasnya. (*)

Penulis : Rustam
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646