Adnan Purichta Harap Teknik Unhas Terus Ciptakan SDM Unggul

  • Bagikan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Gowa berharap Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) terus melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing global di era industri 4.0. Hal ini pun harusnya didorong diusia Teknik Unhas ke-61 Tahun.

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa atau negara tidak lagi ditentukan oleh kekayaan alam, besarnya jumlah penduduk ataupun letak strategis, akan tetapi ditentukan oleh kualitas SDMnya.

“Siapa yang membangun sumber daya manusianya, yakin dan percaya dia akan menjadi negara yang berkembang sepertinya yang kita cita-citakan bersama,” ujar Adnan.

Lanjut Adnan, banyak daerah atau negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang menjanjikan, tetapi karena mampu membangun SDM maka dia menjadi negara yang cepat pembangunannya.

“Apalagi tahun ini Teknik Unhas mengangkat tema penguatan SDM teknik dan inovasi teknologi untuk akselerasi pengembangan kawasan timur berbasis negara kepulauan Indonesia yang integratif, adaptif dan berkelanjutan. Tema ini sangat cocok,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, peran perguruan tinggi khususnya FT Unhas dalam pembangunan bangsa dan daerah sejauh ini sudah tercermin dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Seperti pendidikan dan pengajaran, selama imi Fakultas Teknik Unhas telah menghasilkan alumni yang uni di bidang teknik dan telah memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan daerah dan nasional,” kata Adnan.

Kemudian Tri Darma Perguruan Tinggi yang kedua adalah penelitian dan pengembangan. Adnan mengaku Pemerintah Kabupaten Gowa siap menjadi lokasi penelitian dan pengembangan bagi Fakultas Teknik Unhas dalam menghasilkan teknologi untuk akselerasi pengembangan.

“Begitupun di bidang pengabdian kepada masyarakat sebagai tempat Fakultas Teknik Unhas berada, kami Pemkab Gowa akan selalu siap menjadi lokus program pengabdian masyarakat,” harap Adnan. (Rhy)

  • Bagikan