0%
logo header
Kamis, 22 Februari 2024 20:24

Asosiasi Pelaku Kopi Parepare Meriahkan Dunia Kopi pada Event Sinjai Brewing Competition 2024

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Asosiasi Pelaku Kopi Parepare Meriahkan Dunia Kopi pada Event Sinjai Brewing Competition 2024

PAREPARE, REPUBLIKNEWS.CO.ID — Awal tahun 2024 menjadi momentum bagi para pelaku kopi khususnya di Kota Parepare dengan terbentuknya Asosiasi Pelaku Kopi Parepare (APKP).

APKP menjadi wadah bagi para pemuda dengan latar belakang beragam namun memiliki ketertarikan yang sama pada kopi, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman guna meningkatkan mutu serta layanan di sektor ekonomi kreatif sajian kopi.

Pada bulan Januari lalu, APKP menyelenggarakan kegiatan pertama mereka, “Fun Cupping”, yang bertujuan untuk memperkenalkan kopi kepada masyarakat umum. Acara ini dihadiri oleh puluhan peserta dan para asesor di bidang kopi, sukses menggelorakan semangat para pelaku kopi.

Baca Juga : ERAT Calon Tunggal, Kaharuddin Kadir jadi Ketua Tim Pemenangan Golkar Parepare Pilkada 2024

Menyusul keberhasilan Fun Cupping, APKP siap mengikuti event “Sinjai Brewing Competition 2024” yang akan diselenggarakan oleh Barista Sinjai Community (BASIC) pada tanggal 24 Februari 2024 mendatang. APKP akan diwakili oleh dua peserta, Guntur Aswardi dan Alif Hasfa R, yang akan bersaing dalam menyeduh kopi menggunakan metode V60, sebuah teknik penyeduhan kopi manual dari Jepang. Metode ini dikenal karena menghasilkan kompleksitas rasa yang unik, meliputi asam, manis, asin, dan pahit dalam satu seduhan kopi, dengan menggunakan kopi jenis Arabika.

Ketua APKP, Ikrar Labattoa, menyatakan, “Sinjai Brewing Competition 2024 bukan hanya ajang lomba, namun juga kesempatan untuk menjalin silaturahmi di antara para pelaku kopi di Sulawesi Selatan. Kami dari APKP sangat antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan harapan dapat menambah pengalaman dan pengetahuan, serta membawa semangat kompetisi ini kembali ke Kota Parepare, untuk menyelenggarakan event serupa di masa mendatang.”

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646