0%
logo header
Senin, 12 Februari 2024 21:29

Bupati Gowa: Peran Bawaslu Penting dalam Keberhasilan Pemilu

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Gowa, di GOR Sungguminasa, Senin, (12/02/2024). (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Gowa, di GOR Sungguminasa, Senin, (12/02/2024). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menilai peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa sangat penting dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Saat ini kita telah memasuki masa tenang karena dua hari lagi akan menghadapi pesta demokrasi yaitu pemilihan presiden, maupun legislatif. Sehingga pengawasan betul-betul harus dilakukan dengan sebaik-baiknya,” katanya, saat menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Gowa, di GOR Sungguminasa, Senin, (12/02/2024).

Dalam Apel Siaga ini diikuti ribuan Pengawas TPS (PTPS) hingga jajaran Bawaslu dan KPU Gowa.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

Ia menegaskan, dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, bukan hanya tugas Bawaslu semata. Namun menjadi tugas bersama termasuk pemerintah daerah, forkopimda, KPU, dan seluruh pihak yang ada.

“Kita semua memiliki kontribusi agar Pemilu ini berlangsung dengan baik, lancar dan sesuai dengan harapan yang ada. Khusunya dengan mencapai partisipasi pemilih yang tinggi diatas capaian Pilkada 2020 diatas 79 persen,” tegasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Gowa Saparuddin mengungkapkan, Apel Siaga ini dilakukan untuk mengecek kesiapan seluruh jajaran pengawas pemilu sampai dengan TPS. Sekaligus menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bawaslu telah siap dalam melakukan pengawasan mulai dari masa tenang hingga pelaksanaan pada 14 Februari 2024 nanti.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

“Bawaslu Gowa secara personil sudah siap. Untuk pengawasan di TPS kita memiliki PTPS dalam menjaga penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan adil, jujur dan damai,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya menyampaikan saat ini indeks kerawanan Pemilu di Kabupaten Gowa sudah di zona hijau sejak Pilkada 2020 kemarin
Sehingga termasuk dalam kategori rawan rendah dan harus dipertahankan pada Pemilu 2024 ini.

“Kita dari dulu selalu pada zona merah pelaksanaan Pemilu atau Pilkada, namun sejak 2020 berkat kolaborasi bersama kita meraih zona hijau. Tentu ini adalah sebuah sejarah buat kita semua yang harus kita pertahankan,” jelasnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646