0%
logo header
Sabtu, 29 Juni 2019 10:34

Calon Peserta Didik Baru Tingkat SMA di Sulsel Capai 147 Ribu Pendaftar

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo (tengah).
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo (tengah).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo mengumumkan jumlah pendaftar setelah proses Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ditutup.

“Hari ini terakhir pendaftaran, sampai hari ini kita sudah capai 147.876 pendaftar, dan akan tetap dibuka sampai jam sembilan malam (21.00 WITA). Kita tambah pendaftaran sampai jam sembilan malam untuk menutupi yang blank (kosong) pada hari ke dua, untuk besok kita lakukan pengumuman,” kata None, sapaan akrab Irman saat menggelar konferensi pers, Jum’at (28/06/2019) malam.

None mengungkapkan, khusus untuk jalur zonasi, sebanyak 98.570 ribu siswa pendaftar di tingkat SMA.

Baca Juga : Toyota Expo by Kalla Hadirkan Ragam Program Spesial Bagi Pelanggan

“Sementara pada jalur afirmasi SMA sebanyak 3.373, pindah orang tua 263, dan prestasi 2.070, serta boarding 1.244,” ujarnya.

Sementara SMK, sebanyak 45.729 pendaftar, untuk jalur akademik sebanyak 23.595, prestasi 275, dan 44 pindah orang tua, sementara 2.859 afirmasi.

Adik mantan Gubernur, Syahrul Yasin Limpo (SYL) ini menyampaikan tiga kendala yang muncul selama pelaksanaan PPDB Online 2019 di Sulsel. pertama terjadi indentitas antrian yang panjang. Sehingga orang tua calon peserta didik panik jika tidak cepat mendaftar. Kedua, masih adanya data yang harus diverifikasi ke instansi yang punya kewenangan.

Baca Juga : Gagas Berdirinya FK IKB KJP Palopo, UMI Buktikan Diri sebagai PTS Unggul di Indonesia

“Ke tiga masih kuatnya atau masih ada sebagian orang tua yang memilih sekolah-sekolah favorit,” jelasnya.

Setelah penguman hari ini, di website e-panrita dan di sekolah terkait. pihaknya akan melihat sekolah mana yang tidak cukup kuotanya. Kemudian membuka pengumuman lagi untuk pendaftaran khusus sekolah yang tidak cukup kuotanya tersebut, dan bagi sekolah yang sudah cukup akan diselesaikan.

Selanjutnya pada tanggal 1 Juli, semua calon siswa akan diminta melakukan pendaftaran ulang, pendaftaran dengan waktu selama tiga hari.

Baca Juga : Optimis Tatap Pilwalkot Makassar, Andi Seto Mulai Masif Tebar APK di Setiap Kelurahan

“Jadi diimbau kepada seluruh calon yang lulus untuk melakukan pendafaran ulang di sekolah masing-masing. Syarat dan ketentuan itu sekolah masing-masing,” paparnya.

Setelah pendaftaran masuk pada masa pengenalan sekolah (MPLS) pada tanggal 15-17 Juli. Di MPLS akan ada test narkoba atau membawa surat keterangan bebas narkoba. Kedua tes mengaji, tes ini dijelaskannya bukan dalam rangka lulus atau tidak lulus tetapi untuk pemetaan (kemampuan mengaji) siapa yang tartil siapa yang masih mengeja.

“Efektif proses belajar mengajar setelah tanggal 17 Juli,” pungkasnya.

Baca Juga : Warga Jalan Tinumbu Deklarasi Dukungan untuk Andi Seto Maju Pilwalkot Makassar

(Latif)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646