0%
logo header
Selasa, 28 November 2023 16:08

Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud Awali Kampanye Perdana di Merauke dan Sabang

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Calon Presiden Ganjar Pranowo bersama Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Waninggap Nanggo, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, memotong Sagu Seef. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)
Calon Presiden Ganjar Pranowo bersama Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Waninggap Nanggo, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, memotong Sagu Seef. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 3 (tiga) di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengawali debut kampanye perdana secara serentak dengan memilih dua kota di ujung barat dan timur Nusantara yakni Kota Sabang dan Merauke, Selasa (28/11/2023).

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menggelar kampanye perdananya di Merauke Provinsi Papua Selatan (PPS), sedangkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD menggelar kampanye perdana di Sabang Provinsi Nanggroe Aceh.

Kampanye perdana Ganjar-Mahfud diberi nama “Gerak Cepat Merauke-Sabang yang dilakukan melalui sambungan langsung via Tele Conference dari Sabang dan Merauke yang ditayangkan beberapa televisi nasional.

Baca Juga : Prabowo-Gibran Unggul di TPS Tempat Ketua DPRD Sulsel Lakukan Pencoblosan

Pantauan media ini di Merauke, agenda kampanye Ganjar diawali dengan mengunjungi Kampung Waninggap Nanggo Distrik Semangga dan berdialog langsung dengan warga di tiga dusun yakni Dusun Bahor, Wendu dan Yatom serta undangan warga dari kampung-kampung dan distrik tetangga.

Di kampung yang bermayoritas warga Orang Asli Papua (OAP, Ganjar Pranowo menggelar peluncuran logo baru pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Peluncuran ini digelar serentak dar Sabang-Merauke. Ganjar juga menyampaikan visi-misi sebagai calon presiden kepada masyarakat.

“Inilah hari pertama kita memasuki masa kampanye. Kami, saya dan Pak Mahfud yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Hanura, Perindo dan sedemikian relawan yang hari ini hadir, kami sengaja memilih dua titik di Indonesia yang satu di ujung timur dimana matahari terbit dan yang satu di ujung barat dimana matahari terbenam, karena kami ingin mewujudkan persatuan Indonesia sebagaimana sila ketiga.”

Baca Juga : Hasil Survei Capres Usai Kampanye di Sulsel: Prabowo-Gibran Meningkat, Ganjar-Mahfud Stagnan

“Merauke dan Sabang kami pilih. Saya ke Merauke dan Pak Mahfud ke Sabang. Saya ditemani oleh banyak tokoh hari ini. Kita siarkan ke seluruh Indonesia, ada dua titik ini juga menjadi awal dan harapan yang akan kita berikan. Para kepala suku dan tokoh masyarakat, yang hari ini hadir saya ucapkan terima kasih. Di sinilah masyarakat banyak hadir” ujar Ganjar dalam orasi kampanyenya.

Diketahui pula di Kampung Waninggap Nanggo, Ganjar juga menyaksikan tradisi bakar batu Sagu Seef dan ikut menyantap kuliner khas Papua Selatan bersama masyarakat setempat.

Usai lawatan ke Kampung Waninggap Nanggo, Capres nomor urut 3 ini mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang terletak di Distrik Sota Merauke yang berbatasan dengan Papua Nugini. Dalam kesempatan ini Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Andika Perkasa selaku tim kampanye menggelar aksi solidaritas dan deklarasi dukungan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 3 (Ganjar Pranowo-Mahfud MD).

Baca Juga : Elektabilitas Prabowo-Gibran Terus Melejit di Sulsel, Pengamat Politik Ungkap Hal Ini

Selain ke Kampung Waninggap Nanggo dan ke PLBN di Distrik Sota, Ganjar Pranowo juga menggelar dialog Nusantara untuk Indonesia bersama mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Merauke.

Usai dialog Nusantara untuk Indonesia, Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC di pendopo keuskupan. Selanjutnya malam harinya bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646