0%
logo header
Kamis, 12 Juli 2018 17:42

Dihadapan Masyarakat Manggala, Aliyah Mustika Sosialisasikan Pengurangan Resiko Penyakit Akibat Banjir

Dihadapan Masyarakat Manggala, Aliyah Mustika Sosialisasikan Pengurangan Resiko Penyakit Akibat Banjir

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Kementrian Kesehatan menggelar Sosialisasi Pengurangan Risiko Krisis Kesehatan di Blok 10, kelurahan Manggala, kecamatan Manggala, kota Makassar, Kamis (12/07/2018) sore.

Sosialisasi ini digelar guna memberikan edukasi kepada masyarakat adar dapat melakukan langkah-langkah antisipasti terjadinya penyakit akibat banjir.

Maswan, salah satu tokoh Masyarakat Blok 10 kelurahan Manggala yang hadir dalam sosialisasi mengatakan, setiap tahunnya diwilayah mereka kerap terkena banjir.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

“Setiap tahun, pada musim hujan kami pasti kebanjiran, kami ingin menyampaikan kepada bapak ibu dari Kementrian Kesehatan bahwa pada bulan Desember tahun 2017 lalu, disini banjir setinggi pinggang orang dewasa, begitu juga dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Miswan.

Kepala Bidang Evaluasi dan Informasi Pusat Krisis Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, drg. Kamaruzzaman dalam materinya mengatakan bahwa, masyarakat bisa melakukan pencegahan-pencegahan terjadinya banjir.

“Jadi kita juga harus pandai-pandai bekerjasama sesama masyarakat disekitar kita, dengan cara membuat saluran air, membersihkan saluran air yang ada dan tidak membuang sampah sembarang, menanam pohon, serta membuat bangunan pencegah banjir. Dengan begitu jika musim hujan tiba, tidak tergenang lagi karena salurannya sudah dibersihkan,” ucap drg. Kamaruzzaman.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

Hal senada juga disampaikan Aliyah Mustika, ia berharap agar masyarakat bisa melakukan hal-hal untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

“Saya harapkan kepada seluruh masyatakat bagaimana mengantisipasi bahaya banjir tersebut. Mari kita menjaga lingkungan kita. Ini tugas kita sebagai warga unuk menciptakan lingkungan yg bersih,” ujar Isteri Ilham Arief Sirajuddin ini.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga diharapkan bisa lebih cepat mengambil tindakan untuk mengantisipasti terjadinya banjir.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646