0%
logo header
Selasa, 05 Oktober 2021 08:36

DPR Siap Kawal Pembangunan Jembatan Batam-Bintan, Abang Fauzi: Dongkrak Ekonomi Kepri

Anggota Komisi VIII DPR RI, Muhammad Fauzi.
Anggota Komisi VIII DPR RI, Muhammad Fauzi.

REPUBLIKNEWS.CO.ID,KEPRI — Komisi V DPR RI melakukan kunjungan ke Kepulauan Riau untuk mengetahui progres pembangunan jembatan yang akan menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Bintan di Kepulauan Riau (Kepri), Senin 4 Oktober 2021.

Rombongan diterima langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama sejumlah kepala daerah.

“Jembatan ini akan sangat membantu Kepri khususnya alur barang dan pergerakan orang antara Batam dan Bintan sehingga akan mendorong perekonomian Kepri,” kata Anggota Komisi V DPR Muhammad Fauzi dalam kunjungannya di Batam.

Baca Juga : Berkat Anggota DPR RI Muh Fauzi, Rampi dan Seko Kini Miliki Jaringan Layanan Angkutan Publik Via Darat

Menurutnya, selama ini, pergerakan orang dan barang dari Pulau Batam ke Bintan hanya mengandalkan Ferry. Sementara, angkutan laut tersebut terbatas pada kapasitas dan jadwal keberangkatan.

“Jembatan ini layak untuk diperjuangkan agar diberikan porsi dan skala prioritas karena nilai manfaatnya sangat besar bagi masyarakat dan juga ekonomi Kepri” kata Fauzi.

Anggota DPR dari Dapil Sulsel III ini juga mengapresiasi sambutan dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang memberikan penjelasan langsung kepada anggota Komisi V.

Baca Juga : Anggota DPR RI Muhammad Fauzi Beberkan Semrawutnya Rotasi Tenaga Ahli Pendamping Desa

Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang memaparkan langsung progres rencana pembangunan berharap dukungan dari Komisi V DPR agar pembangunan Jembatan Batam-Bintan bisa dipercepat.

Ia mengatakan jembatan itu sudah direncanakan sejak 2010. Bahkan sudah masuk dalam buku hijau Bappenas. Namun, seiring dengan pergantian kepemimpinan, maka rancangan itu sempat tenggelam.

“Alhamdulillah kemarin ketika kunjungan Presiden, kita mendiskusikan Jembatan Batam-Bintan dengan perspektif ekonomi ke depan dan berbagai hal. Presiden menyambut baik pembangunan Jembatan Batam-Bintan. Alhamdulillah beberapa hari yang lalu kami rapat bersama Menteri PU, dan beberapa dirjen, dan para direktur untuk menindaklanjuti ini,” kata dia.

Baca Juga : Anggota Komisi V DPR RI Tinjau Pengerjaan Pembersihan Drainase di Luwu Timur

Ia menargetkan semua persiapan selesai pada akhir November 2021 dan menyelesaikan seluruh dokumen untuk diserahkan kepada Kementerian PUPR. Rombongan Komisi V DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V Ridwan Bae. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646