0%
logo header
Senin, 29 Januari 2024 23:16

Edward Horas Elaborasi Masalah Pembangunan dan Awasi Pelaksanaan APBD di Kalukuang

Rizal
Editor : Rizal
Anggota DPRD Sulawesi Selatan Edward Wijaya Horas melakukan pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel di Kelurahan Kalukuang, Kecamatan Tallo, Makassar, Senin (29/1/2024). (Foto: Istimewa)
Anggota DPRD Sulawesi Selatan Edward Wijaya Horas melakukan pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel di Kelurahan Kalukuang, Kecamatan Tallo, Makassar, Senin (29/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Edward Wijaya Horas melakukan pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel di Jalan Petta Punggawa, Kelurahan Kalukuang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Senin (29/1/2024). Kegiatan ini merupakan agenda rutin para legislator dalam rangka menunaikan tugas pengawasannya.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Sulsel tersebut untuk mengelaborasi sejumlah permasalahan pembangunan yang ada di daerah pemilihannya. Bersama warga setempat, ia mengecek langsung progres pembangunan yang menggunakan dana APBD di wilayah tersebut.

“Kunjungan pengawasan APBD ini merupakan salah satu tugas saya sebagai anggota dewan untuk memastikan anggaran yang dikucurkan Pemprov Sulsel terlaksana dengan baik,” kata Edward Horas.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Menurut anggota Komisi A DPRD Sulsel itu, pengawasan APBD adalah pemantauan pelaksanaan anggaran secara berkala. Ini mencakup penelusuran apakah alokasi dana sesuai dengan rencana, apakah pengeluaran berada dalam batas yang telah ditetapkan, dan apakah program dan kegiatan yang didanai APBD dilaksanakan sesuai dengan rencana.

“Dalam tahap ini, kami ingin memastikan bahwa setiap pengeluaran yang terjadi adalah berdasarkan pada kebutuhan dan aturan yang berlaku,” tambah Edward Horas.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pengawasan APBD mutlak dilakukan secara berkesinambungan. Tujuannya, guna memastikan dana yang dikucurkan oleh pemerintah berjalan baik dan sesuai dengan peruntukannya.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

“Evaluasi ini membantu menilai efektivitas penggunaan dana publik dalam mencapai manfaat yang diinginkan oleh masyarakat,” demikian Edward Horas.

Pada kesempatan itu, warga Kelurahan Kalukuang tak hanya membahas soal pembangunan di wilayahnya saja. Namun juga menyampaikan sejumlah aspirasi di hadapan Edward Horas.

Diantaranya mengeluhkan soal pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan meminta agar pemerintah memberi perhatian khusus pada situs budaya yang ada di Kecamatan Tallo. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646