0%
logo header
Sabtu, 10 Februari 2024 01:02

Hasil Survei Capres Usai Kampanye di Sulsel: Prabowo-Gibran Meningkat, Ganjar-Mahfud Stagnan

Rizal
Editor : Rizal
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto saat menemui para relawan dan simpatisannya di GOR Sudiang, Makassar, belum lama ini. (Foto: Istimewa)
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto saat menemui para relawan dan simpatisannya di GOR Sudiang, Makassar, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Tiga calon presiden (capres) yang bertarung di Pilpres 2024 baru-baru ini mengunjungi Sulawesi Selatan. Mereka mencoba merebut hati para pemilih dengan melakukan tatap muka secara langsung.

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan mengunjungi Kota Makassar, Bone, Barru dan Kota Parepare. Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo mengunjungi Kota Makassar.

Sementara itu, Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto mengunjungi dan bersilaturahmi dengan relawan se Sulsel di GOR Sudiang, Kota Makassar, dalam acara yang diinisiasi oleh Tim Dozer.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

Usai kunjungan ketiga capres tersebut di Sulsel, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia melakukan survei yang dimulai sejak 28 Januari-4 Februari 2024.

Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Sulsel mencapai 56,9 persen. Posisi kedua ditempati duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 37,4 persen. Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi ketiga dengan 2,3 persen.

Adapun elektabilitas secara nasional, duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas tertinggi.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

“Hasilnya kalau kita pakai simulasi surat suara itu Pak Prabowo-Gibran mencapai angka 51,8 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan resminya, Jumat (9/2/2024).

Burhanuddin mengatakan bahwa hasil survei tersebut membuka peluang Pilpres 2024 selesai dalam satu putaran. Menurutnya, peluang itu besar dan terbuka.

Pasalnya, katanya, tren elektabilitas Prabowo-Gibran terus menunjukkan kenaikan, sementara angka keterpilihannya saat ini sudah di atas 50 persen.

Baca Juga : Tindaklanjuti Keluhan Warga Bira, Komisi C DPRD Makassar Gelar RDP Bersama PT Ale Bata Ringan

“Jadi, kalau sebelumnya mungkin probabilitas satu putaran fifty-fifty, sekarang meningkat lagi,” demikian Burhanuddin.

Diketahui, survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia ini melibatkan total 5.500 orang responden pemilik hak pilih pada Pemilu 2024 yang diambil dengan menggunakan multistage random sampling.

Jumlah responden itu terdiri dari 1.200 orang yang berasal dari seluruh provinsi serta 4.300 orang responden di 18 provinsi yang mendapatkan oversample.

Baca Juga : Di Forum SKPD 2024, Ari Ashari Ilham Tegaskan Komitmen DPRD Dukung Pariwisata di Makassar

Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan ukuran sampel basis 1.200 responden. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646