0%
logo header
Selasa, 30 Januari 2024 23:31

Jaga Tumbuh Kembang Anak, Sekretariat DPRD Makassar Sosialisasikan Perda Pemberian ASI Eksklusif

Rizal
Editor : Rizal
Sekretariat DPRD Makassar menggelar sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif di Grand Asia Hotel, Jalan Boulevard, Makassar, Selasa (30/1/2024). (Foto: Istimewa)
Sekretariat DPRD Makassar menggelar sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif di Grand Asia Hotel, Jalan Boulevard, Makassar, Selasa (30/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Salah satu nutrisi paling penting untuk bayi baru lahir adalah pemberian air susu dari ibunya. Hal ini harus terus disosialisasikan sebab menyangkut tumbuh kembang anak.

Untuk itu, Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif. Kegiatan sosper ini digelar di Grand Asia Hotel, Jalan Boulevard, Makassar, Selasa (30/1/2024).

Hadir sebagai narasumber dari kalangan praktisi kesehatan dan pendidikan, masing-masing Murnah, Irwan Ali, dan Sitti Supiana. Adapun Tri Lestari Wulandari bertindak selaku moderator.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Murnah dalam penjelasannya menyebutkan bahwa pemberian ASI ekslusif merupakan hak bayi dan kewajiban bagi seorang ibu. Pemberian ASI eksklusif ini tanpa campuran apapun agar kandungan gizinya terjaga sehingga bayi bisa tumbuh subur.

“Selain mengandung gizi yang komplet untuk nutrisi anak, ASI juga dapat membentuk imunitas tubuh anak lebih kuat. ASI eksklusif ini ekonomis dan terjangkau bagi semua kalangan, kekebalan dan gizi anak juga akan terjamin,” katanya.

Perda menyangkut ASI ekslusif ini, kata Murnah, sangat penting dalam menunjang pemeliharaan kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain itu, juga dapat menghindarkan ibu dan anak dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

“Pemberian ASI eksklusif dapat mengurangi kemiskinan dan kelaparan. Membuat bayi maupun ibu terhindar dari berbagai macam penyakit, sehingga menurunkan angka kematian dan stunting,” bebernya.

Sementara itu, narasumber lainnya, Irwan Ali menekankan begitu pentingnya pemberian ASI ekslusif sehingga pemerintah Kota Makassar bersama legislatif mengeluarkan peraturan daerah. Hal ini katanya, harus direspons dengan positif demi kebaikan bersama.

“Perda ini sangat penting untuk menyiapkan generasi penerus bangsa kedepannya. Dengan adanya perda ini, para ibu-ibu mempunyai kewajiban untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya,” ujarnya.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

“Pemberian ASI eksklusif ini juga dapat mengurangi atau mencegah angka stunting, khususnya di Kota Makassar,” tambah Irwan Ali.

Adapun narasumber terakhir, Sitti Supiana secara spesifik merinci beberapa manfaat dalam pemberian ASI eksklusif kepada anak. Bahkan, salah satu faktor dalam pencegahan stunting dimulai dari program kehamilan, menyusui sampai anak lahir.

“Pada intinya, tidak ada yang mengalahkan ASI eksklusif ini dengan susu formula apapun. Pertama mampu meningkatkan kekebalan tubuh, serta menghilangkan stres pada anak,” singkatnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646