Juara II SSIC 2021, Proyek Investasi Luwu Utara Masuk Agenda BAPPENAS

  • Bagikan

REPUBLIKNEWS.CO.ID,MASAMBA — Proyek investasi Kabupaten Luwu Utara, yakni Pembangunan Pabrik Minyak Goreng berhasil menjadi juara kedua South Sulawesi Investment Challenge (SSIC) 2021. Proyek investasi itu itu kini masuk dalam agenda Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Sebelumnya, proyek investasi Luwu Utara masuk 8 besar SSIC bersama Jeneponto, Wajo, Parepare, Barru, Enrekang, Selayar, dan Bantaeng. Setelah melalui tahapan presentasi dan wawancara, mengerucut menjadi 3 besar, yaitu Parepare, Luwu Utara, dan Barru.

Dalam presentasinya, Bupati Indah Putri Indriani memaparkan bahwa apa yang dilakukan adalah optimalisasi potensi keunggulan daerah dengan pelibatan pihak swasta. Di mana salah satunya adalah pembangunan pabrik minyak goring.

“Kita berharap dengan Pabrik Minyak Goreng ini dapat berdampak luas, terutama pembukaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan petani kelapa sawit,” kata Indah. Selasa (14/09/2021)

Proyek investasi ini, kata dia, memiliki potensi yang besar, karena juga sejalan dengan visi-misi Luwu Utara, yaitu Luwu Utara yang maju, mandiri dan harmonis.

Ia menyebutkan, kelebihan proyek Ini adalah bahan bakunya yang cukup tersedia dalam waktu yang lama. Selain itu, kata dia, jarak sumber bahan bakunya dekat, jarak distribusi ke konsumen relatif dekat, sehingga otomatis dapat menekan biaya, serta lokasi pabrik didukung prasarana jalan yang memadai.

“Saat ini di Kabupaten Luwu Utara yang ada adalah pabrik kelapa sawit, bukan pabrik minyak goring. Dari pabrik kelapa sawit ini kami lihat potensi bahan baku, bukan hanya potensi pabrik minyak goring, tapi potensi pabrik lainnya juga,” jelas Bupati perempuan pertama di Sulsel ini. “Kenapa sawit kami pilih, karena masih punya potensi pengembangan sekitar 5.000 hektar ke depannya,” tandasnya.

Tiga pemenang SSIC 2021 ini nantinya akan dimasukkan ke dalam agenda BAPPENAS, untuk dipromosikan melalui forum promosi investasi, baik nasional maupun internasional, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. (*)

  • Bagikan