0%
logo header
Minggu, 21 Januari 2024 09:57

Kelompok Separatis Teroris Papua Bakar Rumah Dinas Anggota DPRD Intan Jaya

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bangunan rumah anggota DPRD yang dibakar KST di Kampung Mamba, Intan Jaya. (Istimewa)
Bangunan rumah anggota DPRD yang dibakar KST di Kampung Mamba, Intan Jaya. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAYAPURA – Pasca aksi penyerangan Kelompok Separatis Teroris (KST) di Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah menyebabkan satu personil Satgas Damai Cartenz atas nama Bripda Alfandi Steve Karamoy gugur.

Kelompok Separatis Teroris (KST) ini kembali berulah dengan membakar satu rumah dinas Anggota DPRD Intan Jaya di Kampung Mamba, Distrik Sugapa Papua Tengah, Sabtu (20/01/2024) siang kemarin.

Komandan Satgas 330/TD, Mayor Inf Dedy Pungky Irwanto mengatakan, ulah anarkis selain membakar bangunan, KST juga meneror warga dengan melepaskan tembakan ke arah rumah warga.

Baca Juga : Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp 18,2 Miliar, Sekda Keerom Jadi Tersangka

“Mereka (KST) merusak fasilitas yang dibangun pemerintah, dan melakukan teror yang menyebabkan situasi keamanan menjadi tidak kondusif. Satu bangunan yang dibakar adalah rumah dinas anggota DPRD Intan Jaya yang ada di kampung Mamba,” kata Dedy dalam Siaran Pers yang diterima republiknews.co.id, Sabtu (20/01/2024) malam.

Upaya menghentikan aksi teror tersebut, Satgas 330/Tri Dharma dikerahkan ke Kampung Mamba untuk menghalau Kelompok Separatis Teroris dan mengamankan warga sipil.

“Kita kerahkan personil untuk menghalau mereka agar tidak masuk ke Kota Sugapa serta membantu mengamankan dan mengungsikan warga ke Pos Satgas 330 Tri Dharma,” ungkapnya.

Baca Juga : Speedboat Terbalik di Muara Ruai Papua, 3 Orang Belum Ditemukan

Dedy Irwanto menyayangkan aksi yang dilakukan KST karena menghambat upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Intan Jaya.

“Aksi yang dilakukan KST ini justru menjadi faktor penghambat pertumbuhan pembangunan dan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Intan Jaya,” tandasnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646