0%
logo header
Selasa, 20 Februari 2024 10:44

Klaim Raih 17 Hingga 19 Kursi, NasDem Rebut Posisi Ketua DPRD Sulsel dari Golkar

Rizal
Editor : Rizal
Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif bersama pengurusnya saat memaparkan perolehan kursi Partai NasDem di Pileg 2024 di NasDem Building, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Senin (19/2/2024). (Foto: Istimewa)
Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif bersama pengurusnya saat memaparkan perolehan kursi Partai NasDem di Pileg 2024 di NasDem Building, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Senin (19/2/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Partai NasDem di Sulawesi Selatan dibawah komando Rusdi Masse selaku ketua dan Syaharuddin Alrif selaku sekretaris berjaya di Pileg 2024. Hingga Senin (19/2/2024), Partai NasDem mengklaim telah mengunci 17 kursi di DPRD Sulawesi Selatan.

Raihan ini menasbihkan partai besutan Surya Paloh itu sebagai partai dengan perolehan kursi terbanyak di parlemen Sulsel. Mencetak sejarah dengan menggeser dominasi Partai Golkar yang telah bertahan selama tiga dekade terakhir.

Alhamdulillah, Nasdem sudah meraih 17 kursi dan saat ini menuju 18 hingga 19 kursi, Insyaallah. Hasil ini kita ketahui berdasarkan hasil hitung cepat internal yang mengacu pada data C-1 Plano atau C-1 Hasil Pemungutan Suara di TPS,” kata Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif kepada awak media, Senin (19/2/2024) malam.

Baca Juga : Pertemuan Tertutup Andi Sudirman Sulaiman dan Taufan Pawe, Pengamat Sebut Bahas Paket Pilgub Sulsel

Berdasarkan hitungan internal, katanya, Partai Nasdem meraih 5 kursi di Dapil IX yang meliputi Sidrap, Pinrang dan Enrekang. Dapil ini menjadi penentu NasDem merebut kursi ketua DPRD Sulsel.

Selanjutnya di Dapil Sulsel I dan Dapil Sulsel IV sama-sama meraih 2 kursi. Selebihnya di Dapil lainnya masing-masing meraih 1 kursi.

“Namun ini terus bergerak menuju 18 hingga 19 kursi. Salah satunya di Dapil Sulsel IX, Nasdem sudah mengunci 5 kursi tapi sementara bergerak menuju 6 kursi,” jelas Syahar.

Baca Juga : Indah Putri Indriani Dukung Airlangga Hartarto Kembali Nakhodai Golkar

Dengan demikian, Partai NasDem selangkah lagi memenuhi syarat sebagai parpol pengusung tunggal di Pilgub Sulsel 2024 mendatang. Dimana syaratnya, mencapai target minimal 18 kursi atau 20 persen kursi DPRD Sulsel hasil Pileg 2024.

“Kita memang menargetkan bisa mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilgub Sulsel 2024 tanpa harus berkoalisi,” tegas Syahar yang juga wakil ketua DPRD Sulsel itu.

Raihan Partai NasDem tak berhenti sampai disitu. Berdasarkan hitungan internal, mereka juga mengklaim telah mengunci posisi ketua DPRD di 8 kabupaten/kota di Sulsel. Masing-masing di Kabupaten Enrekang, Jeneponto, Luwu, Pangkep, Pinrang, Sidrap, Sinjai dan Kota Palopo.

Baca Juga : NasDem, Gerindra dan Demokrat Jajaki Potensi Koalisi di Pilkada Serentak di Sulsel

“Sementara di Kota Makassar kita masih bersaing dengan Partai Golkar. Adapun Bantaeng, Luwu Timur dan Barru kita juga masih berpeluang menjadi ketua atau setidaknya wakil ketua I,” beber Syahar.

“Hasil ini merupakan akumulasi kinerja dan kepercayaan masyarakat Sulsel terhadap Partai NasDem. Alhamdulillah target tercapai bahkan ada yang melewati. Ini juga tentu efek dari politik kemanusiaan yang selama ini kita gaungkan di Sulsel,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646