0%
logo header
Rabu, 12 Juni 2024 18:32

KPU Papua Selatan Minta Peran Media Massa Sukseskan Pilkada 2024

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Komisioner KPU Papua Selatan Devisi Perencanaan, Data dan Informasi, Daniel Ndiwaen beserta jajarannya beraudiensi dengan para awak media di Merauke Papua Selatan. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)
Komisioner KPU Papua Selatan Devisi Perencanaan, Data dan Informasi, Daniel Ndiwaen beserta jajarannya beraudiensi dengan para awak media di Merauke Papua Selatan. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Selatan meminta peran serta media massa di wilayah Papua Selatan (Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel) berkontribusi mendukung kerja-kerja penyelenggara Pemilu menyukseskan Pilkada 2024 melalui pemberitaan.

Peran serta media massa (media cetak, media siber/online maupun media elektronik) dirasakan penting dalam menunjang kinerja KPU mensosialisasikan setiap tahapan Pilkada 2024 mulai dari Launcing Tahapan Pilkada hingga rekapitulasi hasil perhitungan suara secara berjenjang mulai dari tingkat PPS sampai ke tingkat KPU Provinsi Papua.

Komisioner KPU Papua Selatan Devisi Perencanaan, Data dan Informasi, Daniel Ndiwaen mengakui bahwa kehadiran media massa sangat membantu kerja-kerja penyelenggara Pemilu melalui publikasi dan penyebarluasan informasi tentang Pemilu, tahapan-tahapan  dan mendorong partisipasi pemilih.

Baca Juga : Rumah Perjuangan Paslon Bupati Hendrik-Riduwan di Distrik Kurik Merauke Diresmikan

“Hari ini tanggal 12 Juni 2024, kami dari KPU Papua Selatan membangun komunikasi dan menjalin kekerabatan antara KPU sebagai penyelenggara Pemilu dengan rekan-rekan awak media selaku insan Pers,” kata Daniel Ndiwaen ketika menggelar acara Media Gathering di Aula Kantor KPU Papua Selatan Jl. Raya Mandala Merauke, Rabu (12/06/2024).

“Pengelaman kemarin di Pemilu 14 Februari 2024 yakni di Pilpres dan Pileg, kami sadari bahwa banyak hal dana kami (KPU, red) dibantu dan disokong oleh teman-teman media. Dalam hal ini publikasi agenda Pemilu sampai ke daerah-daerah sehingga partisipasi pemilih cukup tinggi berkat saluran informasi dari media massa,” sambungnya.

Dia kembali berharap peran aktif media massa melalui kerja-kerja jurnalistik di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan secara serentak 27 November 2024 baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Selatan maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) di empat (4) kabupaten  se Papua Selatan dengan mensosialisasikan setiap tahapan Pilkada.

Baca Juga : Plat Kendaraan Bermotor di Papua Selatan Resmi Berganti dari PA ke PS

“Kami juga berharap peran media massa di Pilkada 2024 baik Pilgub maupun Pilbup untuk kembali menyukseskan agenda demokrasi ini dengan mendorong partisipasi masyarakat pemilih. Kami ingin menyamakan persepsi dengan rekan-rekan media melalui media gathering bersama KPU Papua Selatan,” harap Daniel.

Senada dengan itu, Sekretaris KPU Provinsi Papua Selatan Jimmy Winarta mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik dalam menyebarluaskan informasi tentang agenda Pemilu dan setiap tahapan KPU dalam menyukseskan Pemilu 2024 lalu maupun agenda Pilkada (Pilgub dan Pilbup) 2024 sudah sedang berjalan.

“KPU membutuhkan media massa untuk membantu dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat, sebaliknya insan pers membutuhkan keterbukaan informasi dari KPU terkait agenda dan tahapan Pemilu untuk disampaikan kepada masyarakat,” kata Jimmy Winarta.

Baca Juga : Sekda Papua Selatan Tegaskan Pejabat Pemprov Wajib Mundur Jika Maju Calon Kepala Daerah

Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian  Perencanaan, Data dan Informasi Sekretariat KPU Papua Selatan, Yuliana CH. Handayani mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara Pemilu mengharapkan terbangunnya l sinergitas antara KPU dengan media massa dalam hal penyebarluasan informasi terkait Pemilu dan kerja-kerja KPU selaku penyelenggara dalam menyukseskan Pilkada 2024.

“Kita bersinergi untuk menyukseskan Pilkada 2024 melalui pemberitaan yang baik dan profesional tanpa ada unsur konflik dan sebagainya. Kami harap media massa bisa menciptakan informasi yang menyejukkan dan memberi edukasi kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada 2024,” pungkasnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646