0%
logo header
Selasa, 12 Desember 2023 21:08

Mal Pelayanan Publik di Kutai Kartanegara, Inovasi Terbaru dalam Pelayanan Prima

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Kantor Mal Pelayanan Publik. (Istimewa)
Kantor Mal Pelayanan Publik. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menorehkan sejarah dengan menjadi kabupaten pertama di Kalimantan Timur (Kaltim) yang merintis Mal Pelayanan Publik (MPP).

Langkah inovatif ini muncul di bawah kepemimpinan Edi Damansyah-Rendi Solihin, membuktikan komitmen mereka terhadap pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, tidak hanya sekadar mengawasi, tetapi secara langsung turut serta dalam tinjauan di MPP.

Baca Juga : Sosialisasi MHF di Tiga Kecamatan, Sorak Sorai Husni Bupati Kukar dan Harum Gubernur Kaltim 2024

Kehadirannya bukan hanya untuk memastikan keseluruhan layanan berjalan sesuai prosedur, tetapi juga untuk mengurus paspor pribadinya.

“Ketika saya mengurus paspor, saya sekaligus memantau kelengkapan layanan di sini,” ungkap Rendi.

Rendi menegaskan bahwa upaya terus dilakukan untuk memastikan segala kekurangan dapat tertutupi pada tahun ini. Tujuannya jelas: menjadikan semua layanan di MPP beroperasi dengan keunggulan maksimal pada tahun mendatang. Meskipun demikian, ia mengapresiasi kualitas layanan yang sudah sangat baik saat ini.

Baca Juga : Sekda Sunggono: Upaya Kejari Kukar Bukti Nyata Komitmen Pemerintahan Bersih

Pengelolaan tenaga kerja menjadi fokus utama bagi Rendi. Dia menilai pentingnya penambahan pegawai guna menunjang keseluruhan pelayanan yang ada.

Rekomendasinya kepada Kepala DPMPTSP Kukar adalah merekrut generasi muda yang sesuai dengan kebutuhan dan dinamika layanan.

“Untuk tahun depan, saya mengusulkan penambahan pegawai. Persiapkan anggaran yang diperlukan. Hal ini penting untuk memaksimalkan pelayanan, termasuk di antaranya kebutuhan akan satpam, juru parkir, dan lainnya,” jelasnya.

Baca Juga : Edi Damansyah Salurkan Bantuan Sembako dan Akte Yayasan di Masjid Al Huda Cipari Makmur

Dalam interaksinya dengan masyarakat, Rendi mendapati respons positif terkait layanan yang diberikan di MPP. “Masyarakat merasa nyaman di sini. Pelayanan yang baik merupakan kebutuhan mendasar. Ketika kita mampu memberikan pelayanan optimal, kita setara dengan kota-kota besar lainnya. Ini adalah pencapaian besar dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Demi memperluas cakupan pelayanan, Rendi menekankan perlunya penambahan fasilitas lain seperti kantin sebagai alternatif tempat menunggu. Selain itu, penyesuaian booth sesuai kebutuhan juga menjadi perhatian penting.

“Kami akan menambahkan fasilitas kantin sebagai ruang tunggu alternatif. Booth akan disesuaikan sesuai kebutuhan. Fasilitas lainnya akan diperhatikan secara bertahap,” tambahnya.

Baca Juga : Kukar Peduli, Sekda Sunggono Lakukan Aksi Sosial di Bulan Suci Ramadan

MPP yang berlokasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kukar diresmikan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar, Sunggono, pada akhir tahun 2022. Langkah ini menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kualitas layanan publik di Kutai Kartanegara. (Infografis / Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646