0%
logo header
Rabu, 10 Juli 2024 16:20

Napi Lapas Narkotika Samarinda Bersinar, Jalani Tes Urine Oleh BNN

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Warga Binaan Lapas Narkotika Samarinda mengantrinuntuk melaksanakan tes urine, Rabu (10/07/2024). (Foto: Kurniawan / Republiknews.co.id)
Warga Binaan Lapas Narkotika Samarinda mengantrinuntuk melaksanakan tes urine, Rabu (10/07/2024). (Foto: Kurniawan / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SAMARINDA — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Samarinda, dalam upaya deteksi dini dan sinergitas, melaksanakan tes urine bagi para warga binaan, pada Rabu (10/07/2024).

Kegiatan ini digelar bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda sesuai arahan Kakanwil dan Kadivpas Kemenkumham Kaltim.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai upaya deteksi dini, tetapi juga sebagai bentuk edukasi dan pencegahan bagi warga binaan agar mereka memahami bahaya narkoba dan menjauhinya,” ujar Hidayat, Kepala Lapas Narkotika Samarinda.

Baca Juga : BPVP Samarinda Apresiasi Hasil Pelatihan Menjahit Napi Lapas Narkotika

Tes urine ini merupakan bagian dari program inisiatif Lapas Narkotika Samarinda bersama BNNK Samarinda, yang bertujuan memastikan bahwa Lapas bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Hidayat menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergitas antara Lapas dan BNN dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pemasyarakatan sebagai implementasi dari 3 Kunci Pemasyarakatan Maju Back to Basic.

Sebanyak 199 warga binaan secara acak mengikuti tes urine tersebut, dan hasilnya menunjukkan 199 orang negatif narkoba. Jika ditemukan warga binaan yang positif menggunakan narkoba, akan dilakukan tindakan lebih lanjut sesuai prosedur yang berlaku.

Baca Juga : Cegah Judi Online, Kalapas Narkotika Samarinda Sidak HP Seluruh Petugas Lapas

Pihak Lapas berharap, melalui kegiatan ini, tercipta lingkungan yang lebih aman, tertib, dan bersih dari narkoba di dalam Lapas.
Sinergitas antara Lapas dan BNN ini diharapkan terus berlanjut dan semakin ditingkatkan.

“Dengan demikian, upaya pemberantasan narkoba bisa lebih efektif dan mencapai hasil yang diharapkan, baik di dalam lingkungan pemasyarakatan maupun di masyarakat luas,” pungkasnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646