OPINI: Wabah Covid-19 dan Tanggung Jawab Negara

  • Bagikan

Oleh: Fery Suryanto (Ketua Kota LMND Kolaka)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, — Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasanya saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan pencegahan dan penanganan korban Covid-19.

Berbagai kebijakan telah dilakukan. Mulai dari Sosial Distancing/Physical Distancing sampai Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PPSB). Namun nampaknya Pembatasan Sosial Bersekala Besar ini belum dilaksanakan di setiap wilayah.

Terpantau sampai saat ini korban masih saja bertambah setiap harinya. Dan sampai saat ini terhitung korban positif Covid-19 sudah mencapai 2.000 lebih.

Pemerintah gagap dalam melakukan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Ketika negara-negara lain sudah “full alert” menangani wabah covid-19 ini, pemerintah kita sempat terlihat tidak serius.

Ketidakseriusan ini dalam seketika menjelma menjadi ketidaksiapan ketika situasinya tereskalasi demikian cepat. Ketidaksiapan ini diperparah dengan penanganan kasus di lapangan yang dipandang tidak memadai: mulai dari lemahnya perlindungan data pribadi korban, buruknya komunikasi publik, hingga minimnya kesiapan teknis dan medis mulai dari alat test, APD, hingga kapasitas rumah sakit.

Kemudian ditambah lagi Indonesia memiliki populasi yang sangat besar dan birokrasi yang tidak rapi. Sehingga penanganan krisis yang buruk di Indonesia akan membuat negara terpapar semakin buruk, alhasil penyebaran pandemi ini begitu cepat terjadi.

Ketegasan pemerintah dalam menerapkan kebiajakan yang telah ada juga sangat penting. Pemerintah pusat harus tegas dalam upaya mengoptimalkan kebijakan yang telah ada ke Pemda. Pemerintah pusat harus proaktif membangun komunikasi ke tiap-tiap daerah agar bisa mengontrol situasi atau perkembangannya. Melihat banyaknya daerah yang mengambil kebijakan sendiri adalah bukti bahwa komunikasi antar pusat dan daerah sangat buruk.

Pemerintah juga harus lebih optimal lagi dalam melakukan pengujian mulai dari sekarang dan secara luas, isolasi yang efektif, penulusuran kontak, dan karantina. Itu menjadi kunci untuk mengendalikan virus di bawah kendali.

Kini pandemi Covid-19 memiliki dampak berbagai aspek, mulai dari pendidikan, sosial, ekonomi hingga kesehatan. Dampak pada aspek-aspek tersebut kian hari mulai dirasakan masyarakat. Sebab ini menyangkut persoalan kesejahteraan sosial masyarakat.

Oleh karena itulah pemerintah selain berfokus pada penanganan pandemi Covid-19, harus juga memperhatikan kondisi kesejahteraan masyarakatnya. Sebab, jika ini di abaikan akan memicu kerentanan sosial yang masif di masyarakat. Ini tentu akan memnambah buruk kondisi dan situasi di Indonesia.

  • Bagikan