0%
logo header
Minggu, 07 April 2024 13:00

Pastikan Pengguna Kendaraan Listrik Nyaman Saat Mudik, PLN Siapkan 1.299 SPKLU

Chaerani
Editor : Chaerani
Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, saat meninjau langsung kesiapan SPKLU, di Rest Area 626B, Madiun, Jawa Timur, kemarin. (Dok. Humas PLN)
Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, saat meninjau langsung kesiapan SPKLU, di Rest Area 626B, Madiun, Jawa Timur, kemarin. (Dok. Humas PLN)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MADIUN — Dalam memastikan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik aman dan nyaman selama perjalanan mudiknya. PT PLN (Persero) memastikan kesiapan pengisian kendaraan listrik di berbagai jalur mudik tetap andal.

Tahun ini, PLN menambah 175 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai titik jalur mudik Jawa dan Sumatra. Sehingga secara total terdapat 1.299 unit SPKLU yang siap melayani pengguna Electric Vehicle (EV) di seluruh Indonesia.

Selain itu, untuk memastikan kondisi SPKLU ini beroperasi dengan sistem yang andal dan prima. Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, pun meninjau langsung kesiapan SPKLU, di Rest Area 626B, Madiun, Jawa Timur.

Baca Juga : Libatkan Sejumlah Pihak, KPPU Cari Solusi Terkait Kenaikan Harga Bawang Putih

Guna memastikan kesiapan lokasi-lokasi SPKLU ini, Darmawan terjun langsung melakukan perjalanan dari Gresik menuju Yogyakarta menggunakan mobil listrik.

“Ini untuk memastikan kondisi infrastruktur pendukung kendaraan listrik dalam keadaan aman dan andal selama masa siaga IdulFitri 1445 H,” katanya dalam keterangannya, Minggu, (07/04/2024).

Ia mengaku, pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sementara, saat ini setiap rest area terdapat SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik.

Baca Juga : KJPP Minta Pemilihan Komisoner KPID Sulsel Diulang

“Upaya ini menjadi bukti bahwa PLN sangat siap mendukung peralihan pemudik dari kendaraan berbasis energi fosil ke energi listrik,” ujarnya.

Darmawan menjelaskan, PLN telah memetakan dengan cermat seluruh sebaran SPKLU, di jalur tol Trans Sumatra-Jawa. Misalnya, jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 Km. Kapasitas baterai mobil listrik paling kecil sebesar 39 kWh memiliki jarak tempuh 300 km, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran untuk perjalanan jauh.

Misalnya, PLN telah menyiapkan SPKLU di jalur-jalur mudik dari Merak sampai Banyuwangi dan Bakauheni sampai Palembang dengan total 239 unit SPKLU dengan rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 km.

Baca Juga : RPJPD Gowa 2025-2045 Disusun Menuju Indonesia Emas dan Keberlanjutan Pembangunan

“Sehingga sangat aman untuk mudik menggunakan kendaraan listrik,” ungkapnya.

Tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik roda empat, PLN juga telah menyiapkan 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua.

Untuk lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU dapat diakses melalui menu Electric Vehicle Digital Services pada Aplikasi PLN Mobile. Semuanya untuk memudahkan pengguna EV dapat berkendara dengan nyaman.

Baca Juga : KJPP Desak DPRD Sulsel Suarakan Penolakan RUU Penyiaran

Tak hanya itu, pihaknya terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini salah satunya diwujudkan dengan penambahan fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

“Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile,” katanya.

Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.

Baca Juga : KJPP Desak DPRD Sulsel Suarakan Penolakan RUU Penyiaran

“Kami juga berinovasi menyediakan SPKLU Mobile. Bagi pemudik yang membutuhkan pengisian daya darurat, ada 3 unit SPKLU Mobile yang disiagakan,” ujarnya.

Apabila masyarakat membutuhkan layanan pengisian daya darurat ataupun bantuan lain terkait SPKLU, bisa dengan menekan tombol pop up hotline SPKLU yang langsung terhubung pada nomor WhatsApp customer service pada aplikasi PLN Mobile versi terbaru.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646