PC IMM Kota Makassar Luncurkan IMManuver Ecosystem, Fokus Advokasi Isu Lingkungan Hidup

  • Bagikan
PC IMM Kota Makassar saat meluncurkan lembaga semi otonom bernama 'IMManuver Ecosystem' di Pusdim Kota Makassar, Kamis (29/7/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Bidang Lingkungan Hidup Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kota Makassar meluncurkan sebuah Lembaga Semi Otonom (LSO). Lembaga tersebut diluncurkan di Pusdim Kota Makassar, Kamis (29/7/2021) kemarin.

Diberi nama IMManuver Ecosystem, lembaga ini memiliki tujuan untuk mengkaji dan mengadvokasi persoalan isu lingkungan hidup, khususnya di Kota Makassar. Selain itu, ada banyak tugas dan fungsi lainnya yang diemban kedepannya.

Kabid Lingkungan Hidup PC IMM Kota Makassar, Mustakim menjelaskan jika pihaknya akan fokus mengkaji isu lingkungan hidup dengan memanfaatkan kehadiran IMManuver Ecosystem tersebut. Sebab selama ini, katanya isu lingkungan jarang mendapatkan perhatian yang serius.

IMManuver Ecosystem akan diarahkan pada kemampuan kader IMM Kota Makassar dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang berkaitan tentang isu-isu lingkungan hidup di Kota Makassar, nasional maupun dunia,” tegas Mustakim dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, ada beberapa tugas pokok dan fungsi IMManuver Ecosystem. Diantaranya pengawasan dan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

“Selain itu, kita juga fokus melakukan pengendalian tata ruang, melalui koordinasi dan peningkatan keterpaduan dalam perencanaan, pengendalian dan evaluasi dalam pengelolaan lingkungan hidup terhadap daya dukung dan daya tampung lingkungan,” beber Mustakim.

Fungsi dan tugas lain dari lembaga semi otonom ini adalah melakukan koordinasi dan pengawasan dalam rangka konservasi sumber daya alam (keanekaragaman hayati/flora dan fauna, lahan, air, dan udara/atmosfer).

“Kemudian pemberdayaan masyarakat dan penegakan hukum lingkungan hidup baik secara administrasi, perdata maupun pidana terhadap pelaku pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. Peningkatan kapasitas kelembagaan meliputi kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup,” demikian Mustakim.

Launching IMManuver Ecosystem ini sendiri turut dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Kahfiani, serta perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Sirajuddin. (*)

  • Bagikan