0%
logo header
Senin, 24 Juni 2024 16:16

Pelajar Asal Parepare Try Adiyaksa Surianto Wakili Sulsel sebagai Paskibraka Nasional

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pelajar Asal Parepare Try Adiyaksa Surianto Wakili Sulsel sebagai Paskibraka Nasional

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Try Adiyaksa Surianto, pelajar asal SMA Negeri 1 Parepare, berhasil mewakili Sulawesi Selatan sebagai Paskibraka Nasional.

Kepastian ini berdasarkan surat pemberitahuan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan nomor 55/PE.00.04/06/2024 tertanggal 21 Juni 2024. Surat tersebut ditujukan kepada Panitia Pelaksana Pembentukan Paskibraka tingkat Provinsi se-Indonesia.

Surat dari Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan nomor 400.3/097-VI/Kesbangpol tertanggal 24 Juni 2024, menetapkan tiga peserta Paskibraka Provinsi Sulawesi Selatan asal Kota Parepare: Muhammad Fadlurrahman dari SMAN 5 Unggulan Parepare, Fira Nurfadillah Faesal dari SMA Negeri 1 Parepare, dan Mutiara Tri Bulan Fathonah dari MAN 2 Parepare.

Baca Juga : Awal Agustus, Tasming Hamid Umumkan Calon Wakil

Try Adiyaksa Surianto, lebih dikenal sebagai Try, telah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Pelajar yang lahir di Parepare pada 1 Januari 2008 ini merupakan putra dari Serma Surianto dan Hasmawati, dan bercita-cita melanjutkan perjuangan orang tuanya dengan masuk ke Akademi Militer (Akmil).

Try menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Parepare dan dikenal sebagai pelajar berprestasi. Ia mengawali pendidikan dari TK Kartika 9 Parepare, SD Negeri 3 Parepare, dan SMP Negeri 10 Parepare.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Parepare, Rustan Asta membenarkan informasi ini. Kata dia, sejak Jumat kemarin, pihaknya telah mendapatkan informasi dari Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Komitmen Erna Rasyid Taufan Realisasikan 15 Program Andalan, Warga Labukkang Antusias Hadiri ERAT Menyapa

“Ini merupakan prestasi gemilang bagi Kota Parepare dan Kesbangpol, terutama karena kami baru dua tahun menjalankan amanah kegiatan Paskibraka,” ujar Rustan.

“Atas kerja keras dan dukungan dari Panitia Kesbangpol, TNI dan Polri (Brimob), dan Purna Paskibraka, kita mampu meloloskan putra daerah sebagai perwakilan Sulsel yang akan mengibarkan Bendera Pusaka pada 17 Agustus 2024 di IKN. Selain itu, tiga orang akan mengibarkan bendera di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, dan 70 orang akan bertugas di Kota Parepare,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PPI Kota Parepare, Dede Harirustaman juga mengapresiasi hasil tersebut. Kata dia, terakhir kali perwakilan Parepare ke tingkat nasional adalah pada tahun 2017.

Baca Juga : Peringati Satu Dekade BPJS Kesehatan, RSUD Andi Makkasau Tegaskan Komitmen Tingkatkan Layanan Berkualitas

“Selama enam tahun, kami membina hingga akhirnya kembali menghasilkan kader Paskibraka nasional. Kami yakin Parepare selalu menjadi barometer pembinaan kepemudaan, khususnya Paskibraka, di Sulawesi Selatan. Kami memiliki kader yang potensial dan mampu dibina dengan baik.” ujarnya.

Proses pembinaan dan pelatihan Paskibraka Kota Parepare akan dilanjutkan dari bulan Juni hingga Agustus mendatang.

Sebagai informasi, Selain Try Adiyaksa Surianto, ada juga Anggara Sapan Kallolangi dari Tana Toraja yang berhasil lolos setelah mengikuti seleksi tingkat nasional yang diadakan di Jakarta pada 9-13 Juni 2024. Selain itu, dua perwakilan lainnya dari Sulsel dinyatakan sebagai cadangan Paskibraka Nasional.(*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646