0%
logo header
Senin, 05 Februari 2024 22:47

Pemkab Gowa Dorong Kinerja Petugas Pengelola SP4N-LAPOR!

Chaerani
Editor : Chaerani
Puluhan admin atau petugas pengelola pengaduan SPAN-LAPOR! di jajaran Pemkab Gowa saat mengikuti peningkatan kapasitas, di Cafe Meelo, Somba Opu, Senin, (05/02/2024). (Dok. Humas Gowa)
Puluhan admin atau petugas pengelola pengaduan SPAN-LAPOR! di jajaran Pemkab Gowa saat mengikuti peningkatan kapasitas, di Cafe Meelo, Somba Opu, Senin, (05/02/2024). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Pemerintah Kabupaten Gowa terus mendorong upaya peningkatan kapasitas kepada admin atau petugas pelayanan pengaduan SP4N-LAPOR!.

Melalui Bimbingan Teknis dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N-LAPOR!, kegiatan yang digelar pemerintah daerah bersama USAID Erat ini diriku petugas pengaduan di jajaran instansi, serta kecamatan dalam menjalankan proses bisnis pengelolaan pengaduan sesuai dengan SOP SP4N-LAPOR!.

Kepala Bidang Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa Dhyni Widyaswari Dwiputri mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman pejabat penghubung dalam menjalankan tugasnya menyelesaikan pengaduan di tingkat instansi atau OPD.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

“Ini sebagai upaya meningkatkan admin atau petugas pelayanan pengaduan instansi dan OPD serta kecamatan dalam menyusun laporan pengelolaan pengaduan. Dimana sebagai bahan laporan atau evaluasi kepada penanggung jawab atau atasan tim pengelolaan SP4N-LAPOR!,” jelasnya, di sela-sela kegiatan, di Kafe Meelo, Kecamatan Somba Opu, Senin, (05/04/2024).

Ia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terkait standar layanan pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Di mana dengan adanya format laporan pengolahan pengaduan yang disepakati bersama antara administrasi admin OPD dan pejabat penghubung.

“Pada Bimtek dan Konsolidasi hari ini juga ada kesepakatan tertulis seluruh tim pengelola SP4N-LAPOR! terkait dengan mekanisme koordinasi pengelolaan pengaduan,” tambahnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Sementara, Provincial Government Advisor USAID Erat Sulawesi Selatan, Syarwansyah Sahabuddin mengapresiasi Dinas Kominfo-SP Kabupaten Gowa yang mampu menaikkan nilai persentase terkait dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Ia menyebutkan, di 2022, Kabupaten Gowa mendapat nilai 37,51 persen dengan kategori tidak informatif. Kemudian, pada 2023 naik menjadi 80,24 menjadi Menuju Informatif.

“Ini kenaikannya 113,9 persen, sehingga patut kami apresiasi,” ungkapnya.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

Di tempat yang sama, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Gowa Firman Djamaluddin mengatakan, bimbingan teknis ini bukanlah semata acara rutin tetapi merupakan langkah nyata dalam peningkatan kapasitas pengelola SP4N-LAPOR! di Kabupaten Gowa.

“Peningkatan kapasitas ini tidak hanya menjadi tugas kita sebagai pelayan masyarakat tetapi juga merupakan tanggung jawab moral untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat,” katanya.

Dalam pengaplikasiannya para petugas pelayanan pengaduan lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa harus memastikan setiap pengaduan masyarakat tidak hanya diterima tetapi juga ditanggapi dengan cepat dan efisien.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

“Bimtek ini menjadi wahana bagi kita semua untuk memahami, mengimplementasikan, dan mengevaluasi sistem tersebut secara menyeluruh, melalui partisipasi aktif dan pemahaman mendalam terhadap sistem ini saya yakin bahwa kita dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan kepuasan maksimal kepada masyarakat,” tegasnya.

Bimtek ini dihadiri 45 orang yang berasal dari perwakilan petugas pelayanan pengaduan opd dan perwakilan kecamatan di wilayah kabupaten Gowa yang menangani pelaporan pengaduan SP4N-LAPOR!.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646