0%
logo header
Sabtu, 14 Oktober 2023 11:07

Putri Mantan Rektor Unhas Raih Doktor di Belanda

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Putri Mantan Rektor Unhas Raih Doktor di Belanda

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BELANDA — Diandra Sabrina Nasir Kalla, putri pasangan M.Natsir Kalla – Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu, 11 Oktober 2023 berhasil meraih gelar Doktor (Philosophy of Doctor) di Vrije Universiteit, Amsterdam Negeri Belanda.

Sidang ujian promosi doktor tersebut berlangsung terbuka pada pukul 09.45 waktu Belanda, dipimpin Rektor Prof.Dr,J.J.G. Geurts dengan judul disertasi promovendus “ Towards Tissu Engineering Application for Cleft Deffects” (Menuju Aplikasi Teknik Tissu untuk Efek Sumbing). Bertindak sebagai Promotor Prof.Dr.T.Forouzanfar dan Dr.M.N. Heider. Co-Promotor: Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Sp.BM (K), Ph.D. dan  Prof. N.Mannju. Sementara bertindak sebagai komite promosi terdiri atas: dr. N.Bravenboer, dr.E.M.van Cann, Prof. Dr. E.B.Wolvius, Prof. Dr. J/de Lange, Prof. Dr. H.Rasyid, dan dr.J.P.W.don Griot.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin (Unhas) mendapat kehormatan sebagai Examining Committee pada Doctoral Defense Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda. Memiliki expertise dalam bidang “oral and maxillofacial surgery”, Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) ditunjuk sebagai co-promotor untuk tiga kandidat PhD Fakultas Kedokteran, Vrije Universiteit Amsterdam.

Prof. Ruslin yang juga merupakan alumni Vrije Universiteit melalui komunikasi whatsapp, Jumat (13/10/2023) menjelaskan,  partisipasinya dalam Doctoral Defense tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi Unhas karena turut mengembangkan ilmu pengetahuan bidang Kesehatan di luar negeri. Kandidat PhD bimbingannya tersebut adalah S.A.O.A Alkaabi yang berasal dari Dubai, Uni Emirate Arab, dan  Prof Ruslin hadir secara daring melalui zoom meeting dan streaming YouTube pada Selasa (26/9/2023).

Baca Juga : Bupati Bersama DPRD Soppeng Diundang Rektor Unhas, Ini yang Bahas

Dua kandidat lainnya adalah dosen Fakultas Kedokteran Unhas.
“Kelak, Unhas terus berupaya  meningkatkan kapasitas SDM tidak hanya bagi memajukan ilmu pengetahuan tapi juga memberi dampak secara global,” ujar Prof drg Ruslin yang juga menjabat Wakil Rektor I Unhas tersebut.

Dua orang kandidat PhD tersebut yaitu dr Faqi Nurdiansya Hendra dan dr Diandra Sabrina Natsir Kalla meraih gelar PhD pada ‘Public Defence’ yang diadakan di Auditorium, Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda pada hari Selasa, (10/10/2023) dan Rabu (11/10/2023).

Keberhasilan Faqi Nurdiansyah Hendra dan Diandra Sabrina Natsir Kalla meraih gelar PhD di negeri kincir angin tersebut merupakan bentuk komitmen Unhas dalam mendukung dan menghasilkan akademisi yang berprestasi di tingkat internasional.

Baca Juga : Dukung Pengembangan Peternakan Sapi Perah di Gowa, Unhas Siapkan Tenaga Ahli

Gelar Ph.D yang diraih merupakan suatu kehormatan tidak hanya bagi pribadi kedua dosen tersebut, melainkan juga bagi universitas, sekaligus merupakan dorongan besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan kedokteran di Indonesia.
Saat ini, Prof Ruslin masih membimbing tiga kandidat PhD lainnya sebagai co-promotor, di mana ketiganya ditargetkan untuk defense pada tahun 2024. (*)

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646