0%
logo header
Rabu, 29 November 2023 19:08

Sahabat Dekat Ganjar, Ini Sosok Caleg DPRD Sulsel Dapil V Iqbal Arifin

Rizal
Editor : Rizal
Caleg DPRD Sulsel dari PDIP, Muhammad Iqbal Arifin (kanan) bersama Ganjar Pranowo belum lama ini. (Foto: Istimewa)
Caleg DPRD Sulsel dari PDIP, Muhammad Iqbal Arifin (kanan) bersama Ganjar Pranowo belum lama ini. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Jadwal kampanye Pemilu 2024 resmi dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang. Sejumlah kontestan calon legislatif pun mulai bergerilya menyisir basis di dapil masing-masing.

Total sebanyak 1.138 caleg DPRD Provinsi Sulsel akan memperebutkan 85 kursi pada pemilu legislatif yang digelar 14 Februari 2024 mendatang. Mereka berasal dari 18 partai politik dan akan bertarung di 11 daerah pemilihan (dapil) di Sulsel.

Dari sekian banyak caleg, ada nama Muhammad Iqbal Arifin. Politisi PDI Perjuangan ini sudah tidak asing lagi baik di Kota Makassar, maupun Sulsel pada umumnya.

Baca Juga : Delapan Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio: Momen Tuntaskan Janji

Ia memilih bertarung memperebutkan kursi DPRD Sulsel di Pileg 2024 mendatang. Melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel V yang meliputi Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba.

“Dengan kemampuan yang saya miliki senantiasa siap berkontribusi untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Dapil Sulsel V. Terutama apa yang menjadi harapan generasi milenial nantinya,” kata Iqbal, Rabu (29/11/2023).

Alumnus Universitas Hasanuddin ini menyebut bahwa ia akan memulai sosialisasi pada pekan ini, tepatnya Jumat (1/12/2023). Ia bakal menyasar kelompok masyarakat secara umum, termasuk kelompok nelayan dan petani.

Baca Juga : OJK Komitmen Perkuat Industri BPR

Mantan ketua Bappilu PDIP Sulsel ini mengaku intens melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat baik di Sinjai maupun Bulukumba. Ia pun bakal melakukan berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kelompok milenial.

Selain sosialisasi lewat tatap muka, kata Iqbal, ia juga mengenalkan diri melalui media sosial yang menjadi senjata ampuh untuk menggaet pemilih pemula. Pasalnya, pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi milenial yang juga menguasai total pemilih pada Pemilu 2024 nanti.

“Tak bisa dipungkiri, mayoritas generasi Z mengakses internet untuk membuka media sosial. Generasi Z juga dianggap sebagai generasi yang paling menguasai teknologi informasi karena sangat intens dengan aktivitas digital. Kami akan melakukan hal sesuai dengan perkembangan kelompok milenial ini,” beber Iqbal.

Baca Juga : Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

Pemilik nomor urut 01 itu menyebut bahwa kedepannya harus ada keterbukaan untuk memberi peluang kepada generasi muda atau milenial. Katanya, anak muda bukan hanya dirangkul untuk mendapatkan suara, melainkan juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi di dalam sistem.

“Saat ini pemilih milenial sangat banyak, kita kasih ruang politisi muda untuk menguji gagasannya. Kita refleksikan bersama apa yang perlu dikembangkan sesuai bakat. Itu yang bisa kita lakukan,” jelas Iqbal.

Untuk Pileg 2024 nanti, wakil ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Sulsel itu menargetkan 40 ribu suara yang tersebar di Sinjai dan Bulukumba.

Baca Juga : Sikapi Kasus Bullying, Komisi D DPRD Makassar Gelar RDP dengan Lembaga Perlindungan Anak Sulsel

“Soal target tentu sebanyak-banyaknya, tapi saya realistis. Di Kabupaten Sinjai ada 9 kecamatan dan Bulukumba 10 kecamatan. Target saya 40 ribu suara,” tegas Iqbal.

Lantas siapa sosok Iqbal Arifin sebenarnya. Ia adalah mantan aktivis mahasiswa. Ia pernah menjadi aktivis HMI Cabang Makassar. Terlibat aktif juga di berbagai kegiatan sosial sejak dulu.

Setelah bergabung di dunia politik, ia mengemban sejumlah amanah di PDIP Sulsel. Terbaru adalah ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel.

Baca Juga : Sikapi Kasus Bullying, Komisi D DPRD Makassar Gelar RDP dengan Lembaga Perlindungan Anak Sulsel

Kemudian wakil ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Sulsel hingga saat ini. Siapa sangka, Iqbal Arifin juga ternyata berteman dekat dengan Calon Presiden RI, Ganjar Pranowo.

Setiap kali Ganjar berkunjung ke Kota Makassar, keduanya selalu bertemu dan aktif berkomunikasi. Maklum saja, keduanya berteman sejak lama, jauh sebelum Ganjar duduk di DPR RI ataupun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Saya sama pak Ganjar akrab sejak tahun 2002, sebelum beliau jadi anggota DPR RI maupun menjabat sebagai gubernur. Kami sering komunikasi dan membawakan materi. Dulu beliau aktif memberikan pembekalan kepada kepala daerah dan legislatif kader PDIP,” terangnya.

Baca Juga : Sikapi Kasus Bullying, Komisi D DPRD Makassar Gelar RDP dengan Lembaga Perlindungan Anak Sulsel

“Kecerdasan Ganjar bukan karbitan, tapi benar-benar aktivis murni. Terbukti aktif juga di berbagai kegiatan sosial dan aktivitas positif lainnya,” demikian Iqbal. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646