0%
logo header
Selasa, 05 Desember 2023 13:59

Serapan Anggaran Infrastruktur Kutim Rendah, Faizal Rachman Minta Dipercepat

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Anggota DPRD Kutai Timur, Faizal Rachman. (Istimewa)
Anggota DPRD Kutai Timur, Faizal Rachman. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI TIMUR — Serapan anggaran infrastruktur di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) hingga triwulan keempat tahun 2023 masih tercatat rendah, yakni sekitar 20 persen. Faktor utama penyebab rendahnya serapan tersebut adalah keterlambatan pelaksanaan sejumlah kegiatan pembangunan.

Faizal Rachman, Anggota DPRD Kutim, menyoroti keadaan ini dan mengimbau agar Pemerintah Kabupaten Kutai Timur segera mempercepat pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur. Menurutnya, langkah tersebut menjadi kunci untuk mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan.

“Pekerjaan infrastruktur seharusnya bisa dimulai di awal tahun. Namun, kenyataannya banyak kegiatan yang baru dimulai pada triwulan ketiga. Tentu saja ini menghambat serapan anggaran,” ungkap Faizal Rachman.

Baca Juga : PT BMA Diduga Tanam Sawit di Luar HGU, DPRD Kutim Rencanakan Panggil Semua Pihak Terkait

Ia juga menyoroti kegiatan infrastruktur dengan alokasi anggaran besar yang menggunakan skema tahun jamak, yang harus diselesaikan dalam dua tahun ke depan atau hingga akhir masa jabatan kepala daerah saat ini. Menurutnya, proyek-proyek semacam itu harus mendapatkan perhatian khusus agar dapat dipercepat pelaksanaannya.

“Semakin besar alokasi anggaran, mestinya proses kerjanya dipercepat. Kalau sekarang yang terjadi justru keterlambatan dilaksanakannya pekerjaan,” tegas Faizal.

Faizal Rachman menekankan bahwa DPRD Kutim akan terus memantau pelaksanaan pembangunan infrastruktur di lapangan. Fokus utamanya adalah pada proyek-proyek yang baru dilelang pada bulan September. “Kami harus memastikan pembangunan dilaksanakan sesuai target yang ditetapkan. Kami akan terus memantau bagaimana pelaksanaannya di lapangan,” pungkasnya.

Baca Juga : Agusriansyah Apresiasi Pemkab Kutim Lakukan Peningkatan Jalan Desa di Kecamatan Sandaran

Dengan memantau secara ketat dan memberikan imbauan untuk percepatan pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur, Faizal Rachman berharap bahwa serapan anggaran dapat ditingkatkan, dan pembangunan di Kutai Timur dapat berjalan sesuai dengan rencana dan manfaat bagi masyarakat setempat. (ADV)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646