0%
logo header
Sabtu, 17 Februari 2018 23:34

Sosialisasi Germas, Ini Himbauan Aliyah Mustika Kepada Warga Gowa

Sosialisasi Germas, Ini Himbauan Aliyah Mustika Kepada Warga Gowa

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, mengimbau warga untuk membudayakan perilaku hidup sehat. Hal tersebut dikatakan legislator komisi IX ini pada acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Kanjilo, Dusun Tangalla, Kecamatan Barombong, Gowa, Sabtu (17/02/2018).

“Wujud budaya hidup sehat diantaranya rutin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan lokal. Keduanya diperlukan untuk menjaga keseimbangan gizi tubuh. Memeriksa kesehatan secara rutin dan menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI. Program ini tidak hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu dan keluarga dalam mempraktekkan pola hidup sehat.

Baca Juga : Sosialisasi Germas Bersama Anggota DPR RI, Ini yang Disampaikan Bupati Soppeng

“Termasuk peran dari Pemerintah, baik di pusat dan daerah dalam menyiapkan sarana prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya,” ujar Legislator Fraksi Partai Demokrat ini.

Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar, Laode Musafin, dalam materinya mengatakan, masalah utama kesehatan disebabkan oleh pola hidup, pola makan dan lingkungan yang tidak bersih.

Peningkatan penderita penyakit tidak menular (ptm) seperti stroke, jantung, diabetes melitus dan kanker terus meningkat tajam. Semula banyak diderita oleh orang dengan usia lanjut, kini mulai banyak ditemukan pada usia produktif bahkan usia belasan tahun.

Baca Juga : Bantuan Mukena Aliyah Mustika Disambut Haru Warga Binaan Lapas Perempuan Sungguminasa

“Salah satunya juga karena kurang olah raga. Dulu kita kalau ke sekolah jalan kaki, anak jaman sekarang banyak yang malas jalan, padahal itu bagian dari olah raga,” ujarnya.

Anggota DPRD Gowa, Makmur Dg. Muang, mengapresiasi kunjungan Aliyah. Menurutnya ini kali pertama desa tersebut dikunjungi anggota DPR RI.

“Kami sangat terbantu ibu Aliyah beri kita kesempatan periksa kesehatan gratis dan beri edukasi masyarakat hidup sehat” ujar Legislator yang membidangi kesehatan ini.

Baca Juga : Legislator Pusat Aliyah Mustika Sosialisasikan Manfaat Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Acara tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI. Ada sesi dialog tanya jawab, senam peregangan tubuh, makan buah bersama dan pemeriksaan kesehatan secara gratis oleh tim kesehatan Germas. Ratusan warga hadir. Sebagian besar dari kaum perempuan.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646