0%
logo header
Kamis, 30 Juni 2022 23:51

Tutup Pendidikan dan Wisuda Sarjana Akmil Tingkat IV, Jendral Dudung: Jadilah Perwira yang Profesional

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Upacara Tupdik AKMIL 2021/2022. (Ist)
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Upacara Tupdik AKMIL 2021/2022. (Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAGELANG — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berpesan kepada Taruna/Taruni Akademi Militer Tingkat IV untuk meningkatkan kualitas diri dan daya saing individu agar dapat menjawab tantangan zaman sebagai perwira yang profesional, andal, memiliki integritas tinggi dan karakter yang kuat dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Jadilah perwira yang profesional dan pemimpin TNI AD yang visioner, dengan terus belajar, berlatih, mengepankan idealisme serta logis dalam berpikir dan bertindak,” ungkap Jenderal Dudung.

Hal tersebut dikatakannya saat memimpin Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Akademi Militer Tingkat IV Tahun Pendidikan 2021/2022 di Gedung Moch. Lily Rochly Akademi Militer Magelang, Kamis (30/06/2022).

Baca Juga : Jenderal TNI Dudung Apresiasi Program Pengembangan Entrepreneurship PPAD

Lebih lanjut, di hadapan 287 Taruna/Taruni (269 Taruna dan 18 Taruni) yang mengikuti Upacara Tupdik dan Wisuda itu, Kasad menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi selama empat tahun di Akademi Militer.

Ucapan selamat juga ditujukan kepada lulusan terbaik yang berhak atas penghargaan Adhimakayasa kepada Sermatutar Rafi Naufal Arfiansah, penghargaan Anindya Wiratama kepada Sermatutar Virly Luthfita Andini, serta penghargaan Adhitya Pinasti kepada Sermatutar Haswin Akbar Muhammad.

“Keberhasilan merupakan buah kerja keras dan potensi diri yang telah kalian tunjukkan selama pendidikan. Namun janganlah lupa bahwa semua itu tidak terlepas dari doa restu orang tua dan keluarga yang telah mendukung perjuangan maupun pengorbanan kalian selama ini,” ujar Dudung.

Baca Juga : KASAD Kukuhkan Habib Luthfi Bin Ali Yahya Jadi Warga Kehormatan Angkatan Darat

Upacara Tupdik dan Wisuda ini diawali dengan pembukaan sidang senat, pelantikan dan pengambilan sumpah prajurit yang dipimpin langsung oleh Kasad, dilanjutkan penandatanganan berita acara oleh empat perwakilan Taruna beragama Islam, Kristen, Katolik dan Hindu, serta pelaksanakan prosesi wisuda dan pengucapan janji wisudawan.

Selanjutnya para Taruna/Taruni tersebut akan dilantik menjadi Perwira Remaja pada tanggal 14 Juli 2022 mendatang di Istana Negara Jakarta oleh Presiden RI Joko Widodo. Turut hadir dalam Upacara Tupdik dan Wisuda tersebut, Irjenad, Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Para Asisten Kasad, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Akmil, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana serta orang tua Taruna dan Taruni.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646