0%
logo header
Senin, 04 Desember 2023 15:26

Yuli Sapang Sebut Pelayanan Prima Puskesmas Jadi Kunci Kemajuan Kesehatan di Kutim

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Anggota DPRD Kutai Timur, Yuli Sa'pang. (Istimewa)
Anggota DPRD Kutai Timur, Yuli Sa'pang. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI TIMUR — Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi kunci kemajuan kesehatan masyarakat. Hal ini ditekankan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Yuli Sa’pang.

Menurut Yuli, pelayanan kesehatan yang berkualitas dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. Sedangkan tingkat kepuasan dapat menjadi tolok ukur keberhasilan suatu pelayanan.

“Pelayanan prima di bidang kesehatan juga merupakan tugas pokok yang diemban pemerintah. Kinerja pemerintah dapat diukur dari sana,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Baca Juga : PT BMA Diduga Tanam Sawit di Luar HGU, DPRD Kutim Rencanakan Panggil Semua Pihak Terkait

Yuli mengatakan, kualitas pelayanan kesehatan yang baik akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia (SDM). Bahkan masalah kesehatan juga akan menunjang penanggulangan kemiskinan serta pembangunan ekonomi.

“Nah, ini menjadi kewajiban pemerintah untuk merealisasikan apa yang menjadi hak masyarakat. Tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan,” tegasnya.

Dia mengatakan, hal itu harus dimulai dari layanan kesehatan terkecil di kabupaten. Seperti tingkatan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Dia pun meminta agar peran puskesmas dapat dimaksimalkan. Sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan terbaik sejak tingkat terendah.

Baca Juga : Agusriansyah Apresiasi Pemkab Kutim Lakukan Peningkatan Jalan Desa di Kecamatan Sandaran

“Ingat, masalah kesehatan menjadi salah satu komponen utama pengukuran terhadap IPM (indeks pembangunan manusia). Selain pendidikan dan pendapatan,” ungkapnya.

Tak heran jika dirinya ngotot meminta pelayanan di puskesmas ditingkatkan. Dia menilai, hal itu seharusnya bukan masalah rumit. Pasalnya, kabupaten ini sudah ditunjang anggaran yang memadai.

“Bahkan menjadi salah satu daerah dengan APBD terbesar dari 10 kabupaten kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Makanya tidak ada alasan pelayanan dan fasilitas puskesmas tidak dapat ditingkatkan. Peluangnya ada, tinggal bagaimana menyambutnya,” sebutnya.

Baca Juga : Yan Minta Generasi Muda Kutim Peka Nilai Perjuangan Pahlawan

Yuli pun memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan pelayanan di puskesmas. Pertama, pemerintah daerah harus meningkatkan anggaran untuk puskesmas. Kedua, pemerintah daerah harus melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas di puskesmas. Ketiga, pemerintah daerah harus meningkatkan kualitas SDM di puskesmas.

“Jika hal-hal tersebut dapat dilakukan, maka pelayanan di puskesmas akan semakin baik. Masyarakat pun akan semakin puas dengan pelayanan yang diberikan,” tutupnya. (ADV)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646