0%
logo header
Jumat, 02 Desember 2022 14:16

Antisipasi Gangguan Kamtibmas 1 Desember di Papua, Polri-TNI Bersiaga

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Apel kesiapan pasukan TNI-Polri di Lapangan Polres Merauke. (Istimewa)
Apel kesiapan pasukan TNI-Polri di Lapangan Polres Merauke. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Tanggal 1 Desember setiap tahun di Papua khususnya selalu dikaitkan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang merupakan organisasi berseberangan dengan NKRI. Organisasi ini kerap kali menebar teror dan ancaman mengganggu kamtibmas di Papua.

Dalam rangka antisipasi kalender kamtibmas menjelang akhir tahun 2022 ini, Polri dan TNI terus bersiaga. Sehari sebelumnya, Kepolisian Resor Merauke menggelar apel kesiapan dengan melibatkan institusi TNI yang dilaksanakan di lapangan apel Polres Merauke, Rabu (30/11/2022).

Apel kesiapsiagaan itu dipimpin oleh Wakapolres Kompol Vicky Pandu didampingi Kabag Ops AKP Jery Koagouw.

Baca Juga : Kejari Merauke Sidik Perkara Dugaan Tipikor Pembangunan Lanjutan Kantor Bupati Baru Boven Digoel

Dalam apel tersebut, Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan yang diwakili Wakapolres Kompol Vicky Pandu menyampaikan bahwa pelaksanaan apel kesiapan jelang akhir tahun adalah antisipasi kalender kamtibmas khususnya memasuki bulan Desember yang merupakan bulan penuh kasih dimana umat Nasrani merayakan Natal dan Tahun Baru.

Apel kesiapan personil, kata Wakapolres, dalam rangka pengecekan perkuatan yang akan melaksanakan kegiatan antisipasi karena ada sebagian masyarakat ataupun kelompok yang berseberangan dengan NKRI yang merayakan Hari Ulang Tahun di tanggal 1 Desember.

“Laksanakan patroli gabungan TNI, Polri dan lakukan deteksi dini dengan mengecek titik-titik rawan yang dapat dijadikan titik kumpul, titik untuk dikibarkan bendera Bintang Kejora. Upaya pencegahan harus kita laksanakan sehingga situasi di Merauke dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” tegas Vicky Pandu.

Baca Juga : Rumah Perjuangan Paslon Bupati Hendrik-Riduwan di Distrik Kurik Merauke Diresmikan

Sementara itu, Kabag Ops Jery Koagouw mengatakan pembagian personil dalam melaksanakan Patroli gabungan dimulai dari pukul 19.00 Wit hingga pagi hari disesuaikan dengan perkembangan situasi. Regu cipta kondisi (cipkon) yang standby untuk besok hari juga akan dipersiapkan.

“Untuk Personil Polres Merauke semuanya siaga, seluruh regu cipkon yang terlibat semuanya apel lagi pada pukul 19.00 WIT guna pengecekan personil dan pembagian tugas,” ujarnya.

Pelaksanaan apel kesiapan jelang akhir tahun, antisipasi kalender kamtibmas di Merauke diikuti oleh ratusan Personil TNI dan Polri diantaranya Personil TNI AD, AL, AU, Brimob dan Polres Merauke.

Penulis : Hendrik
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646