0%
logo header
Sabtu, 29 Mei 2021 09:13

Bentuk SDM Berkualitas, Penurunan Stunting jadi Perhatian Pemkab Gowa

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. (Istimewa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Pemerintah Kabupaten Gowa terus berkomitmen menurunkan angka stunting di Kabupaten Gowa melalui program-program unggulan. Termasuk dalam rembuk stunting yang telah digelarnya belum lama ini.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pihaknya menekankan agar rembuk ini menghasilkan program yang konkrit dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Gowa. Pasalnya stunting merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

“Kita mau dengan dilakukannya rembuk ini ada persamaan persepsi, khususnya membuat program nyata agar bisa melihat angka stunting kita menurun bahkan menghilang,” ungkapnya, Jumat (28/05/2021).

Baca Juga : Tumbuh Positif, Pertumbuhan Ekonomi Gowa 2023 Capai 5,82 Persen

Lanjutnya, dalam memajukan Sumber Daya Manunisa (SDM) yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk mampu bersaing baik dengan bangsa lain, mengingat persaingan global semakin wajib diperhitungkan. Namun dengan kualitas kemampuan individu yang rendah akan berdampak pada minimnya produktivitas dan daya saing anak-anak bangsa sebagai sumberdaya yang diandalkan.

“Tentu kita tidak ingin anak-anak kita tumbuh dengan kekurangan gizi yang berakibat dengan tumbuh kembang anak. Harapan kita hal tersebut tidak terjadi di kabupaten Gowa,” ujarnya.

Ia berharap, anak-anak di wilayah Kabupaten Gowa dapat tumbuh dengan sehat, cerdas dan kreatif yang dimulai dari 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak, sehingga bisa bersama-sama bersatu membangun daerah yang lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang.

Baca Juga : Libur Nasional, Showroom Kalla Kars Tetap Buka dan Siapkan Program Servis Gratis

Lebih lanjut, Adnan menegaskan permasalahan stunting bisa diselesaikan dengan kolaborasi dan kerjasama dari seluruh pihak. Apalagi Presiden RI, Joko Widodo menargetkan angka prevalensi stunting berada di angka 14 persen pada tahun 2024, dimana angka prevalensi stunting nasional pada tahun 2019 lalu sebesar  27, 6 persen.

“Perhatian yang serius dari seluruh pihak sangat dibutuhkan seperti upaya konvergensi dan sinergitas melalui program dan kegiatan yang efektif dan efisien di masing-masing instansi menjadi salah satu faktor kunci agar pertumbuhan fisik maupun perkembangan kemampuan kognitif dan intelektual anak bertumbuh dengan baik,” harapnya.

Kabupaten Gowa sendiri pada tahun 2020 prevalensi stunting sebesar 6,26 persen dan berhasil meraih peringkat pertama di Sulawesi Selatan sebagai daerah yang melakukan percepatan penurunan angka stunting.

Baca Juga : DPMP-PTSP Gowa Catat Jumlah Pengunjung MPP Capai 8.000 Orang

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan Rembuk Stunting merupakan satu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama antara stakeholder terkait.

“Kegiatan ini menghadirkan perwakilan stakheolder yang terlibat seperti 36 OPD, 18 camat, 26 kepala Puskesmas dan 167 perwakilan desa/kelurahan baik yang mengikuti secara langsung maupun virtual zoom yang bertujuan menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting,” jelasnya. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646