0%
logo header
Selasa, 11 September 2018 11:34

Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam di Onta Baru, Ini Harapan Deng Ical

Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam di Onta Baru, Ini Harapan Deng Ical

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memperingati 1 Muharram 1440 Hijriyah, seperti halnya yang dilakukan oleh warga Onta Baru, dengan menggelar gerak jalan santai dan karnaval Hijratulrasul.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun warga onta baru untuk memperingati tahun baru islam.

Dalam kesempatan ini Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI atau yang akrab disapa Deng Ical hadir dan sekaligus melepas langsung ratusan peserta gerak jalan santai yang di dominasi oleh kalangan anak-anak.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Usai melepas, Deng Ical langsung masuk ke dalam rombongan untuk mengikuti rute gerak jalan santai tersebut. Selama perjalanan, ratusan anak-anak secara bersahut-sahutan melantunkan sholawat nabi, takbir, tahmid dan juga terdengar sesekali menyanyikan lagu sepohon kayu daunya rimbun milik almrhum Jeffry Al Buchori.

Menurut Deng Ical, apabila semua orang melakukan silaturahim dengan cara seperti ini maka sudah bisa di pastikan bahwa kerukunan antara warga di daerah tersebut berjalan rukun dan nyaman.

Sama halnya dengan rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dalam hadisnya berkata Man kana yu’minu billahi wal yaumil akhir fal yakul khoiron aw liyashmut, artinya barang siapa beriman kepada rasulullah pada hari kiamat yang paling baik itu saling mencintai tetangga dan tamunya.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

“Hari ini warga onta baru sudah memperlihatkan dan mempraktekkan sesuai dengan ajaran rasulullah shallallahu’alahi wasallam yang bersabda bahwa kita harus saling mencintai sesama tetangga,” ucapnya.

Dia pun berharap suasana dan nuansa tahun baru islam ini bisa terus di pertahankan bahkan kalau bisa di tingkatkan.

“Karena modal yang paling utama di antara kita itu adalah modal silaturahim, dan kalau itu kita bisa jaga dengan baik maka insyah allah ini akan menjadi kekutan bagi seluruh masyarakat terkhusus warga Onta Baru,” tuturnya.

Baca Juga : Paket Data Baru Freedom Internet, Pengguna IM3 Bisa Atur Kebutuhan Kuota

Ditempat yang sama Ketua Pengurus Masjid Azhar Onta Baru, Ustad Bambang menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Wali Kota Makassar pada acara gerak jalan santai ini.

“Alhamdulillah mulai tahun 1438 H hingga 1440 H, gerak jalan santai kita selalu dihadiri Wakil Wali Kota Makassar, sehingga ini membuktikan perhatian dan kepedulian beliau terhadap masyarakatnya,” kata Bambang, dan disambut aplaus dari ratusan peserta yang hadir.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk merekatkan persatuan dan kesatuan antara warga.

Baca Juga : 66 Kepala Desa di Gowa Dapat Perpanjangan Masa Jabatan

“Makna hijra yang dilakukan oleh nabi muhammad adalah untuk memberikan soliditas dan persatuan antara ummat islam, sehingga kedepannya kita semakin bergairah untuk menyiarkan agam islam,” jelasnya. (rls)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646