0%
logo header
Senin, 31 Januari 2022 10:05

Haidar Majid Gelar Sosialisasi Nilai Kebangsaan Bertema Kesehatan, Ratusan Warga Ikut Hadir

Sosialisasi Nilai-nilai Kebangsaan Bertema Kesehatan yang digelar oleh Anggota DPRD Sulsel Haidar Majid, berlangsung di Aula Wisma Raodah Asrama Haji Sudiang Makassar, Minggu (30/01/2022).
Sosialisasi Nilai-nilai Kebangsaan Bertema Kesehatan yang digelar oleh Anggota DPRD Sulsel Haidar Majid, berlangsung di Aula Wisma Raodah Asrama Haji Sudiang Makassar, Minggu (30/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Haidar Majid, menggelar Sosialisasi Nilai-nilai Kebangsaan Bertema Kesehatan. Kegiatan dihadiri oleh 200 peserta, dari berbagai unsur masyarakat, berlangsung di Aula Wisma Raodah, Asrama Haji Sudiang Makassar, Minggu (30/01/2022), mulai pukul 13.00 WITA.

Sosialisasi menghadirkan dua narasumber, yaitu dr. Syahrun Mubarak Ansar (seorang praktisi kesehatan), dan Ishaq Rahman (Dosen Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin).

Dalam sambutan pengantarnya, Haidar yang berasal dari Fraksi Partai Demokrat menjelaskan bahwa sosialisasi nilai-nilai kebangsaan merupakan upaya untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini perlu menjadi agenda bersama seluruh elemen bangsa, termasuk dirinya sebagai anggota DPRD.

Baca Juga : Andi Sudirman Sampaikan Belasungkawa Meninggalnya Ayahanda Anggota DPRD Sulsel Haidar Madjid

“Dewasa ini kita melihat ancaman terhadap ketahanan nasional bukan lagi berasal dari serangan militer asing, namun dalam bentuk pengaruh asing yang dapat melemahkan bangsa kita. Untuk itu, kita perlu memperkuat nilai-nilai kebangsaan,” kata Haidar.

dr. Syahrun sebagai narasumber menjelaskan tentang peranan kesehatan dalam membentuk ketahanan masyarakat dan ketahanan bangsa. Dengan melihat pada pengetahuan organ reproduksi sebagai salah satu elemen kesehatan.

Sementara Ishaq Rahman menjelaskan nilai-nilai kebangsaan dalam perspektif Globalisasi dan Diplomasi Kesehatan Global. Masalah kesehatan sekarang bergeser menjadi masalah global, akibat adanya pergerakan orang, barang, jasa, dan modal yang melintasi negara secara cepat dan masif.

Baca Juga : Innalillah, Ketua Senat Akademik Unhas Prof Dadang Ahmad Meninggal Dunia

“Kesehatan masyarakat mempengaruhi ketahanan nasional. Melihat gejala transnasionalisasi penyebaran penyakit menular, maka upaya mengatasinya harus melibatkan diplomasi global,” kata Ishaq, yang juga merupakan Kepala Humas Unhas ini.

Usai pemaparan materi oleh para narasumber dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Di akhir penjelasannya, Ishaq Rahman menambahkan bahwa upaya internalisasi nilai kebangsaan dapat dilakukan dengan mengajak masyarakat untuk mengajarkan nilai-nilai tersebut.

“Dalam psikologi pendidikan, dikenal learning pyramid. Cara belajar terbaik adalah dengan mengajar orang lain. Nilai-nilai kebangsaan dalat kita internalisasikan dengan cara seperti itu. Apalagi, isu kesehatan merupakan isu keseharian yang berkaitan dengan seluruh lapisan masyarakat,” tutup Ishaq. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646