0%
logo header
Senin, 27 Mei 2024 11:28

Lepas Jemaah Calon Haji Merauke, Bupati Romanus: Jaga Kesehatan di Tanah Suci

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bupati Merauke Romanus Mbaraka, memberi salam kepada para Jemaah Calon Haji Merauke di ruang keberangkatan Bandara Mopah, Senin (27/05/2024). (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)
Bupati Merauke Romanus Mbaraka, memberi salam kepada para Jemaah Calon Haji Merauke di ruang keberangkatan Bandara Mopah, Senin (27/05/2024). (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) memberangkatkan 94 dari 127 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Merauke menuju Embarkasi Makassar (Sulawesi Selatan) dengan pesawat Lion dari Bandara Mopah Merauke, Senin (27/05/2024) sekitar pukul 08.45 WIT.

Pemberangkatan rombongan Jemaah Calon Haji Indonesia asal Kabupaten Merauke turut dihadiri Bupati Merauke, Romanus Mbaraka di ruang keberangkatan Bandara Mopah.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Merauke, H. Abdul Kadir Arif mengatakan,  pemerintah  menetapkan kuota Jemaah Calon Haji Kabupaten Merauke 2024 sebanyak 127 orang. Namun yang diberangkatkan ke embarkasi Makassar 27 Mei 2024 berjumlah 94 orang dan 33 jemaah calon haji lainnya telah berangkat lebih dahulu ke Makassar.

Baca Juga : Bakal Calon Bupati Merauke Hendrikus Mahuze Kantongi Surat Tugas PSI

“Sekarang yang berangkat hanya  94 orang. Selebihnya sudah berangkat duluan. Nanti di sana (Makassar) baru bertemu di embarkasi. Oleh karena alasan ada beberapa keluarga yang harus dikunjungi di beberapa tempat baik di Makassar, Jawa maupun Kalimantan,” jelas Abdul Kadir ini di ruang keberangkatan bandara.

Abdul Kadir menyebutkan seluruh jemaah calon haji Kabupaten Merauke akan diterima di Embarkasi Makassar tanggal 29 Mei 2024 dan akan bertolak menuju Jeddah tanggal 30 Mei 2024, selanjutnya ke Tanah Suci Mekkah Al Mukaromah.

“Setelah tiba di Makassar mereka nanti menginap dulu nanti tanggal 29 Mei 20024 mereka diterima di embarkasi. Setelah itu besok malam tanggal 30 mereka baru berangkat menuju Jeddah . Jumlah jemaah calon haji ada peningkatan dari tahun sebelumnya,” tandasnya.

Baca Juga : Satpol-PP Merauke Tutup Kedai Remang-Remang di Kawasan Bandara Mopah

Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyampaikan pesan kepada jemaah calon haji agar menjaga kesehatan dan saling memperhatikan serta mendukung antara satu jemaah dengan jemaah lainnya saat berada di tanah suci.

“Alhamdulillah, sekarang bapa-ibu akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji. Pesan saya jaga kesehatan dan saling menjaga satu sama lain. Teman-teman yang mengantarnya harap mengkoordinir dengan baik,”ungkap Bupati Mbaraka.

Bupati Romanus Mbaraka mengatsakan, ada beberapa Jemaah Calon Haji yang telah berusia lanjut. Oleh sebab itu perlu saling menjaga dan mengawasi. Jika terjadi kendala segera berkonsultasi dengan panitia agar dicari jalan keluar.

Baca Juga : Berkendara Dalam Keadaan Mabuk, Seorang Wanita di Merauke Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

“Kesehatan itu sangat penting, karena di antara kita, ada yang  sudah usia lanjut. Jadi harap semua saling menjaga satu sama lain. Ibadah suci yang bapa-ibu jalankan, kami percaya Tuhan Yang Maha Kuasa mendampingi bapa-ibu dalam perjalanan dan kembali ke sini dengan selamat dan tidak kurang apapun,” pesan Romanus  Mbaraka yang diamini jemaah calon haji.

Romanus mengingatkan seluruh jemaah calon haji asal Kabupaten Merauke untuk fokus menjalankan rangkaian ibadah dan mendoakan Kabupaten Merauke agar selalu damai dan berkembang menjadi kota yang maju.

“Insyahlah semoga semua bisa pulang dengan baik, menjalankan ibadah haji dengan baik dan berdoa untuk tanah ini, supaya terus maju. Saya percaya Allah SWT akan menuntun bapa-ibu dalam menunaikan ibadah ini,” tutupnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646