0%
logo header
Kamis, 24 November 2022 19:44

Mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unhas Gelar Gestra

Redaksi
Editor : Redaksi
Gelora Seni dan Sastra (Destra) di Aula Prof. Mattulada Kampus Unhas Tamalanrea, Kamis (24/11/2022). (Istimewa)
Gelora Seni dan Sastra (Destra) di Aula Prof. Mattulada Kampus Unhas Tamalanrea, Kamis (24/11/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa peserta Mata Kuliah Manajemen Pertunjukan Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, Kamis (24/11/2022), menggelar Gelora Seni dan Sastra (Destra) di Aula Prof.Mattulada Kampus Unhas Tamalanrea.

Wakil Dekan I FIB Unhas Dr.Mardi M.Amin, M.Hum atas nama Dekan FIB Unhas membuka kegiatan itu dengan mengatakan,  berkesenian itu merupakan bagian dari diri kita sendiri.

“Kita harus memperbanyak kegiatan kesenian sebagai penyeimbang dalam kehidupan ini,” ujar Mardi M.Amin yang saat ini menjabat Sekretaris Dewan Pembina Dewan Kesenian Makassar (DKM).

Baca Juga : PAKDAENGANG, Ikhwal Penamaan Dalam Etnik Makassar

Ketua Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas Dr.Munira Hasjim, S.S., M.Hum mengatakan, pertunjukan kini menjadi bagian penting dari berbagai acara yang dilaksanakan. Pertunjukan dapat menjadi bagian dari lingkup kerja “event organizer (EO)” maupun :wedding organizer” (WO).

“Sekarang kita mengusakan bagaimana cara berkolaborasi dalam melaksanakan suatu acara. Dan, kalau mahasiswa yang melaksanakan tentu lebih irit, dibandingkan yang dilaksanakan oleh EO dan WO yang tentu saja lebih mahal,” ujar Munira Hasjim dalam acara yang juga dihadiri sejumlah dosen FIB Unhas tersebut.

Dr.Inriati Lewa, M.Hum yang merupakan perwakilan dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pertunjukan mengatakan, mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk kategori ‘project based” (berbasis kegiatan).

Baca Juga : “Caldas”, Kisah Awak Kapal Perusak Melawan Maut

“Oleh sebab itu, sangat diperlukan adanya kemampuan mahasiswa dalam mengorganisasikan kegiatan atau pertunjukan sebagai praktik mata kuliah tersebut.

Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa tersebut, ditampilkan acara pembacaan puisi yang diiringi gesekan bioala yang dibawakan mahasiswa, pembacaan balada yang diiringi musik organ, pembacaan cerita pendek karya Faisal Oddang diiringi musik, dan lantunan lagu yang diiringi musik gitar yang cukup memukau yang hadir.

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646