0%
logo header
Selasa, 04 Juni 2024 19:14

Maju di Pilgub Papua Selatan 2024, Romanus Mbaraka Kantongi Rekomendasi NasDem dan PAN

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Penyerahan Surat Rekomendasi DPP Partai NasDem kepada Romanus Mbaraka. (Foto Istimewa)
Penyerahan Surat Rekomendasi DPP Partai NasDem kepada Romanus Mbaraka. (Foto Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Romanus Mbaraka yang saat ini menjabat sebagai Bupati Merauke telah mengantongi rekomendasi dari dua partai politik (parpol) pengusung untuk maju bertarung pada pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Selatan 2024.

Rekomendasi tersebut diberikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem dan DPP Partai Amanat Nasional (PAN). Rekomendasi DPP Partai NasDem dengan Nomor 21-SI/RP/BPP-NasDem/V/2024 yang ditandatangani oleh Prananda Surya Paloh (Ketua Bappilu) dan Wily Aditya (Sekretaris Bappilu).

Surat rekomendasi itu menyebutkan bahwa sesuai hasil penjaringan dan penyaringan serta mekanisme internal Partai NasDem dalam rangka Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Papua Selatan tahun 2024, maka DPP Partai NasDem telah menyetujui Romanus Mbaraka sebagai Calon Gubernur Papua Selatan dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Papua Selatan.

Baca Juga : KPU Kabupaten se-Papua Selatan Diingatkan Tertib Administrasi Pengelolaan Dana Pilkada 2024

Berikutnya, DPP Partai NasDem memerintahkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Papua Selatan untuk bersama-sama dengan calonnya membangun komunikasi politik bersama partai lain mencari calon pasangan wakil gubernur guna memenuhi syarat pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Selanjutnya, DPW NasDem Papua Selatan melakukan konsolidasi internal guna mendukung pencalonan. Khusus kepada calon gubernur, diwajibkan memenuhi persyaratan pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Selatan sesuai ketentuan peraturan perundangan.

DPW NasDem melaporkan hasilnya ke DPP selambat lambatnya 14 hari sebelum dibukanya pendaftaran pencalonan Pilkada 2024 ke KPU Papua Selatan. Rekomendasi ini berlaku hingga dikeluarkannya Surat Keputusan DPP Partai NasDem tentang persetujuan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Papua Selatan yang menjadi syarat pendaftaran pasangan ke KPU.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Minta Peran Media Massa Sukseskan Pilkada 2024

Sedangkan surat rekomendasi DPP Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Nomor 484/Pilkada/V2024/ yang ditandatangani Tim Pilkada DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, Yandri Susanto dan Pangeran K Saleh. Rekomendasi DPP PAN intinya menyetujui sekaligus merekomendasikan kepada Romanus Mbaraka sebagai Bakal Calon Gubernur Papua Selatan.

Tim Pilkada DPP PAN menugaskan Bakal Calon Gubernur Papua Selatan mencari pasangan calon wakilnya. Juga mendapatkan koalisi partai politik lain guna memenuhi persyaratan pencalonan di Pilkada 2024.

Selain itu melakukan komunikasi dengan DPW, DPD dan  DPC PAN guna menggerakkan mesin partai  serta membuat program pemenangan Pilkada 2024. Hal lain disampaikan bakal calon adalah melaksanakan kerja-kerja politik yang cerdas, cepat, tepat dan konsisten agar memenangkan Pilkada tahun 2024.

Baca Juga : KH.Mohammad Arifin Resmi Pimpin MP3I Papua Selatan

“Kami juga minta bakal calon gubernur sanggup menanggung biaya survei oleh lembaga survei yang ditunjuk DPP PAN,” bunyi rekomendasi. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646