0%
logo header
Jumat, 01 Maret 2024 15:08

Musrenbang Anak Parepare 2024: Anak-Anak Berperan Aktif dalam Pembangunan Kota

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Musrenbang Anak Parepare 2024: Anak-Anak Berperan Aktif dalam Pembangunan Kota

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare Menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Tingkat Kota Parepare 2024.

Musrenbang Anak ini merupakan yang ketujuh sejak Pemkot Parepare pertama kali mengadakannya pada tahun 2017.

Acara Musrenbang Anak tingkat Kota ini dilangsungkan di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, pada Jumat (1/3/2024), menyusul Musrenbang Anak tingkat Kecamatan yang diadakan di Kebun Raya Jompie, Parepare, pada tanggal 15 Februari 2024.

Baca Juga : Momen Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, Lapas IIA Parepare Gelar Kerja Bakti

Musrenbang Anak dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Parepare (Bappeda), Zulkarnaen Nasrun, yang mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali.

Zulkarnaen disambut dengan tarian tradisional Bugis, Padduppa, oleh anak-anak disabilitas dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Parepare. Kemudian, tarian tradisional Bugis lainnya dilakukan oleh anak-anak pelajar SDN 48 Parepare, dan tari Jeppeng oleh pelajar SMPN 3 Parepare.

Dalam sambutannya, Zulkarnaen membacakan pernyataan Pj Wali Kota yang mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang Anak sebagai bukti komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam memberikan ruang bagi anak-anak untuk berperan aktif dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah.

Baca Juga : Bola Datana Kampong KB Watang Bacukiki Parepare Raih Juara I Apresiasi Rumah Dataku Tingkat Provinsi Sulsel

Dia juga mendukung tema Musrenbang Anak tahun ini, yaitu “Peningkatan Kualitas Layanan Publik yang Inklusif melalui Partisipasi Anak dalam Proses Perencanaan Pembangunan Daerah”.

“Melalui Musrenbang Anak, kita berharap dapat mendorong partisipasi anak dalam pembangunan daerah dan menjadikannya sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi mereka, yang akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025,” ujar Zulkarnaen.

Dia menekankan bahwa setiap anak memiliki hak untuk menyatakan pendapatnya, didengar, dan mendapatkan informasi sesuai dengan usia dan tingkat kecerdasannya.

Baca Juga : Alumni IAIN Parepare Warda Bachtiar Pimpinan Baru Bank Muamalat

“Pemerintah Daerah berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi. Forum Anak adalah mitra Pemerintah dalam menangani masalah anak dan menjadi wadah bagi partisipasi anak-anak dalam proses kebijakan,” tegas Zulkarnaen.

Parepare telah meraih predikat kategori Nindya dalam Penganugerahan Kota Layak Anak Tahun 2023 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, di mana pelaksanaan Musrenbang Anak ini menjadi salah satu indikatornya.

“Musrenbang ini merupakan langkah penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang diratifikasi oleh Pemerintah RI,” tambah Zulkarnaen.

Baca Juga : Prof Bakhtiar Tijjang Beberkan Hasil Pertemuan FAS dan TP

Dalam Musrenbang Anak ini, perwakilan dari lima kluster mempresentasikan hasil diskusi dan masukan dari Musrenbang Anak tingkat Kecamatan. Setiap kluster membahas aspek yang berbeda, dan hasilnya diharapkan menjadi masukan bagi Perangkat Daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan tahun 2025.

Di samping presentasi tersebut, anak-anak juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan Kepala Bappeda yang mewakili Pj Wali Kota untuk menyampaikan aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan di sekolah atau lingkungan mereka.

Musrenbang Anak ini dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait, antara lain Staf Ahli Noldy Yoseph Rengkuan, Asisten III Eko W Ariyadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HM Makmur, Kepala Dinas P3A Jumadi M, Kepala Dinas PPKB Amarun Agung Hamka, dan Kepala Dinas Perpustakaan Ahmad Masdar, serta jajaran Kepala SKPD dan pejabat Pemkot Parepare lainnya.

Baca Juga : Prof Bakhtiar Tijjang Beberkan Hasil Pertemuan FAS dan TP

Peserta Musrenbang Anak terdiri dari perwakilan pelajar SMP dan SMA sederajat dari empat Kecamatan, termasuk kelompok anak rentan, serta Tim Fasilitator dari Forum Anak Kota Parepare.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646