0%
logo header
Kamis, 30 November 2023 22:30

Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan Dilantik, Panji Cabor Akuatik Siap Berkibar di PON 2024

Fathir
Editor : Fathir
Wakil Ketua Umum Akuatik Indonesia Sarman Simanjorang, saat melantik Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)
Wakil Ketua Umum Akuatik Indonesia Sarman Simanjorang, saat melantik Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Ketua Umum Akuatik Indonesia Anindya Novyan Bakrie melalui Wakil Ketua Umum Sarman Simanjorang didampingi Sekjen Akuatik Indonesia Ali Pattiwiri mengukuhkan dan melantik segenap Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Sunny Day Merauke, Kamis (30/11/2023).

Cabang Olahraga Air (Akuatik) di Papua Selatan ini dinakhodai Agus Eko Prasetyo selaku oleh Ketua Umum Akuatik Provinsi Papua Selatan dengan Ketua Hariannya Fabianus Beoruci, Sekretaris Umum  Anisah dan Mohammad Safii,  Bendahara Umum Rustam dan Sariyah Rahalus serta 6 pengurus bidang.

Enam pengurus bidang itu antara lain bidang organisasi, bidang penelitian dan pengembangan, bidang pembinaan prestasi, bidang perwasitan dan penjurian, bidang hukum dan bidang teknik.

Baca Juga : Nicolaus Kondomo Maju di Pilgub Papua Selatan 2024, Dukungan Masyarakat Terus Mengalir

Hadir dalam acara pelantikan ini pejabat Forkopimda Provinsi Papua Selatan dan Kabupaten Merauke antara lain Ketua DPRD Kabupaten Merauke Sugiyanto, Ketua KONI Provinsi Papua Selatan yang diwakili oleh Sony Sudarsono, Danyon Marhanlan XI Letkol (Mar) Daulat Situmorang dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Ketua Umum Akuatik Indonesia Sarman Simanjorang mengatakan pelantikan pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan adalah pengurus Akuatik provinsi yang ke-12 di seluruh Indonesia. Dengan dilantiknya Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan maka dengan sendirinya panji Akuatik Provinsi Papua akan berkibar di tingkat nasional terutama di PON XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

“Tentu ini adalah pengurus Akuatik provinsi yang pertama dilantik di antara 4 provinsi baru (DOB) di tanah Papua. Saya pastikan tahun depan pada perhelatan akbar pesta olahraga nasional untuk pertama kali bendera Akuatik Provinsi Papua Selatan akan berkibar di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.”

Baca Juga : SDN 1 Merauke Dipalang, 524 Siswa Tak Bisa Sekolah

“Saya harapkan dengan persiapan-persiapan hingga tahun depan, mudah-mudahan Provinsi Papua Selatan dapat menyumbangkan medali emas di PON XXI yang dilaksanakan di bulan September 2024.

“Saya harapkan Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan bisa bekerja sama, dengan pijak Lantamal XI Merauke untuk mengadakan kejuaraan-kejuaraan dalam rangka menjaring bibit atlet Akuatik. Mengingat TNI Angkatan Laut setiap tahun mengadakan kejuaraan renang terbuka,” kata Sarman Simanjorang dalam sambutannya.

Dengan semangat Provinsi Papua Selatan, kata Sarman, dapat dijadikan momentum di mana kedepan di provinsi ini dapat dibangun stadion Akuatik yang berstandar nasional maupun internasional. Dengan semangat yang ada diyakinkan hal ini bisa terealisasi.

Baca Juga : Kakek Tua Ditemukan Tewas Telungkup di Dalam Rumahnya di Kompleks Pasar Baru Merauke

Sarman Simanjorang mengingatkan agar Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan tetap menjaga soliditas dan membina kekompakan serta terus meningkatkan pembinaan prestasi atlet dan perwasitan pada cabang olahraga (cabor) Akuatik dengan memenuhi standar nasional maupun internasional.

“Teruslah mengibarkan Panji Akuatik Provinsi Papua Selatan di tingkat nasional. Saya harapkan supaya pengurus ini solid, kompak dan teruslah mengembangkan prestasi atlet, pelatihan-pelatihan wasit/juri serta aktif mengadakan kejuaraan-kejuaraan pemula untuk menjaring bibit atlet cabor Akuatik,” pesan Sarman.

Sementara itu, Ketua Umum Akuatik Provinsi Papua Selatan Agus Eko Prasetyo mengatakan dalam rangka menjaring bibit atlet Akuatik Provinsi Papua Selatan berprestasi, dalam waktu dekat akan diadakan Kejuaraan Akuatik Piala Gubernur Papua Selatan dengan mengikutsertakan para atlet di empat kabupaten yakni Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel dan juga mengundang para atlet dari Provinsi Papua.

Baca Juga : Ahli Dewan Pers Sebut Kerja Jurnalistik Tak Bisa Dipidana

“Besok ini, kita akan mengadakan iven Kejuaraan Akuatik Gubernur Cup setelah anak-anak selesai ujian sekolah.  Kejuaraan ini kita bikin bebas dengan melibatkan atlet dari 4 kabupaten dan mungkin Provinsi Induk Papua.”

“Untuk persiapan PON XXI 2024, kami kemarin dapat jatah kuota satu di kelas perorangan renang dan kita akan maksimalkan. Kami targetkan Papua Selatan harus dapat 1 medali emas, karena di periode lalu di PON Papua XX 2021, atlet anak asli Papua Selatan dapat 1 perunggu.

“Jadi target kami kedepan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, harus raih 1 medali emas. Mulai dari sekarang atlet sudah mulai kita bina,” tandas Agus Eko Prasetyo kepada wartawan usai acara pelantikan. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646