0%
logo header
Jumat, 05 Januari 2024 15:15

Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Dukung Kebijakan Lima Hari Sekolah, Berperan Membentuk Pendidikan Holistik

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali
Ket : Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali

PAREPARE, REPUBLIKNEWS.CO.ID — Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali, dengan tegas mendukung kebijakan lima hari sekolah yang berlaku untuk jenjang pendidikan SD dan SMP sederajat di Parepare, yang efektif pada awal Januari 2024 atau dimulainya semester genap.

Dukungan ini disampaikan oleh Akbar Ali dalam rapat koordinasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembangunan Triwulan IV 2023 pada akhir Desember 2023 di hadapan jajaran Pemerintah Kota Parepare. Posisinya kembali dipertegas pada rapat perdana awal 2024 bersama Forkopimda dan jajaran Pemkot Parepare.

“Saya sepenuhnya mendukung kebijakan lima hari sekolah. Dengan adanya dua hari libur, anak-anak memiliki kesempatan lebih besar untuk mengenal alam dan warisan budaya leluhur. Sabtu dan Minggu adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk bermain di sawah dan kebun. Hal ini memberikan mereka lebih banyak waktu untuk berkembang secara holistik,” tegas Akbar Ali.

Baca Juga : Proses Coklit Selesai 100 Persen, KPU Parepare Tegaskan Rampung Sesuai Prosedur

Akbar Ali juga menyoroti bahwa kebijakan lima hari sekolah dapat memperkuat pendidikan keluarga dengan memberi lebih banyak waktu bagi orang tua untuk terlibat dalam pembentukan karakter anak.

“Anak-anak dapat menggunakan waktu dua hari libur tersebut untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, yang merupakan fondasi utama pembentukan karakter. Jadi, ini adalah kesempatan besar bagi anak-anak untuk mempererat hubungan dengan orang tua mereka,” tambah Akbar Ali.

Di Parepare, uji coba penerapan kebijakan lima hari sekolah telah dilakukan selama tiga hari terakhir, dan hasilnya dinilai efektif. Para siswa terlihat menikmati pembelajaran di sekolah, meskipun beberapa sekolah memperpanjang jam pulang.

Baca Juga : AHY Berikan Restu, Erat Bersalam Siap Bertarung di Pilwalkot Parepare 2024

“Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada kendala dalam penerapannya. Anak-anak juga semakin meningkatkan kebersamaan mereka, seperti menikmati makan siang bersama hingga salat Dzuhur berjamaah,” ungkap Kepala UPTD SMPN 2 Parepare, Nasriah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare, HM Makmur, menyatakan bahwa kebijakan lima hari sekolah telah disosialisasikan di seluruh SMP dan empat K3S untuk SD. “Alhamdulillah, pada awal tahun 2024, kebijakan lima hari sekolah telah berjalan dengan baik dan efektif. Semoga tetap berjalan lancar, tanpa kendala yang berarti, sesuai harapan Wali Kota dan kita semua,” harap Makmur.(Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646