0%
logo header
Senin, 20 Mei 2024 16:56

Sekda Maddaremmeng Ingatkan Kapasitas Profesi Wartawan di Daerah Perlu Ditingkatkan

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sekda Maddaremeng bersama Anggota KWD Papua Selatan. (Foto: KWD PPS)
Sekda Maddaremeng bersama Anggota KWD Papua Selatan. (Foto: KWD PPS)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Sekretaris Daerah Provinsi Papua Selatan, Maddaremmeng mengingatkan wartawan di Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel untuk lebih meningkatkan kapasitas profesi di dunia jurnalistiknya.

Hal itu disampaikan Sekda Maddaremmeng dalam gelaran silaturahmi Halal Bihalal dengan sejumlah awak media yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Daerah (KWD) Papua Selatan di rumah jabatannya di kompleks Pelabuhan Merauke, Senin (20/05/2024).

Peran dan kontribusi wartawan, kata Maddaremmeng, sangat membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di Provinsi Papua Selatan sebagai daerah otonomi baru (DOB), terutama dalam penyebarluasan informasi, pendidikan dan pengawasan eksternal jalanya roda pembangunan.

Baca Juga : Canangkan PIN Polio 2024, Kemenkes RI Sasar Lebih Dari 119 Ribu Anak di Papua Selatan

“Peran teman-teman wartawan sangat penting. Untuk itu saya pikir teman-teman wartawan perlu meningkatkan kapasitas profesi melalui pelbagai pelatihan jurnalistik dan sebagainya,” ujar Sekda Maddaremmeng saat beranjangsana dengan para jurnalis di Merauke tersebut.

Sekda menyatakan pemerintah provinsi (pemprov) akan siap membantu eksistensi wartawan di dalam Komunitas Wartawan Daerah (KWD) Papua Selatan terutama dalam kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan mendukung kinerja pemerintah daerah dalam pembangunan.

“Saya senang teman-teman wartawan bisa hadir. Saya ingin tahu apa saja yang teman-teman ingin lakukan dalam artian mungkin seperti peningkatan kapasitas wartawan, seperti saya katakan tadi,” ujar Sekda PPS yang merupakan putera Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Ini Pesan Sekda Provinsi Papua Selatan di Puncak Hari Jadi Dharma Wanita Persatuan ke-24

“Pada intinya, kita Pemprov siap membantu kinerja teman-teman dan mendukung kiprah kalian di dalam wadah atau komunitas terutama hal-hal positif yang berdampak pada kemajuan di daerah ini,” sambungnya.

Ketua Komunitas Wartawan Daerah Papua Selatan, Emanuel Riberu mengatakan, KWD (Komunitas Wartawan Daerah) merupakan wadah perkumpulan jurnalis dari berbagai organisasi kewartawanan di Papua Selatan baik PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen), IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia dan sebagainya.

“Komunitas ini kita rintis untuk menghimpun teman-teman jurnalis di Papua Selatan yang memiliki kesamaan prinsip dan visi di dunia jurnalistik dalam rangka mendukung program pembangunan pemerintah daerah melalui pemberitaan,” jelas Eman Riberu.

Baca Juga : Mendagri Lantik Apolo Safanpo Sebagai Sekda Papua Selatan dan Ribka Haluk Sekda Papua Tengah

Dia menyebutkan, Komunitas Wartawan Daerah (KWD) Papua Selatan yang baru berusia setahun ini telah memiliki legalitas atau badan hukum berupa akta notaris yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

“Komunitas ini sudah punyai badan hukum. Selama berdiri kita telah melaksanakan beberapa kegiatan positif berupa bakti sosial (baksos) seperti berbagi kasih dengan warga di beberapa panti asuhan di Merauke di momen Natal Desember 2023, baksos Hari Pers Nasional dan baksos ke panti asuhan di bulan suci Ramadan April 2024 lalu,” ungkapnya.

“Dalam dekat yakni Juni 2024, KWD Papua Selatan akan menggelar Diskusi Publik dengan tema Sukseskan Pilkada Serentak 2024. Diskusi ini bertujuan untuk mendorong partisipasi pemilih dan edukasi politik dan ajakan Pemilu Damai di tanah Papua Selatan,” tandasnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646