0%
logo header
Senin, 04 Desember 2023 10:48

Soleman Jambormias Pimpin KORMI Provinsi Papua Selatan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ketua Umum KORMI Haryono Isman, menyerahkan bendera petaka kepada Ketua KORMI Papua Selatan Soleman Jambormias. (Foto Hendrik Resi / Republiknews.co.id)
Ketua Umum KORMI Haryono Isman, menyerahkan bendera petaka kepada Ketua KORMI Papua Selatan Soleman Jambormias. (Foto Hendrik Resi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) resmi hadir dan terbentuk di tingkat Provinsi Papua Selatan. Kehadiran KORMI ditandai dengan pengukuhan dan pelantikan Pengurus Provinsi Papua Selatan yang diketuai oleh Soleman Jambormias.

Pengurus Provinsi KORMI Papua Selatan dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Haryono Isman dan disaksikan oleh Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan pejabat Forkopimda di Swiss-belHotel Merauke, Minggu (03/12/2023).

Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Haryono Isman dalam menerangkan bahwa tugas KORMI berbeda dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). KONI bertugas mengembangkan prestasi olahraga Indonesia, prestasi para atlet hingga ke tingkat Asian Games.

Baca Juga : Nicolaus Kondomo Maju di Pilgub Papua Selatan 2024, Dukungan Masyarakat Terus Mengalir

Sementara tugas KORMI adalah mengembangkan masyarakat Indonesia agar menjadi masyarakat sehat, bugar, dan gembira melalui olahraga guna mencapai SDM unggul menuju Indonesia Maju.

“Saya harap kepada pengurus KORMI Papua Selatan yang baru dilantik agar mengembangkan prestasi olahraga masyarakat tradisional di Papua Selatan seperti panah tradisional, kartapel, layang-layang dan sebagainya,” kata Haryono Isman dalam sambutannya.

Menurut Haryono Isman, Indonesia adalah negara maritim namun tidak banyak olahraga bagi masyarakat maritim atau pesisir dikembangkan. Dia berharap Pengurus KORMI Papua Selatan menjalin kerja sama dengan pihak TNI Angkatan Laut guna mengembangkan potensi olahraga masyarakat pesisir.

Baca Juga : SDN 1 Merauke Dipalang, 524 Siswa Tak Bisa Sekolah

“Kami harap olahraga tradisional di Papua Selatan dikembangkan dan dapat mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Farnas) VIII di Nusa Tenggara Timur 2025,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo mengatakan olahraga masyarakat merupakan olahraga di daerah yang bertumbuh dan berkembang sesuai kearifan lokal, kondisi wilayah dan kebudayaan masyarakat masing-masing daerah.

Olahraga masyarakat, kata Apolo Safanpo, selain bertujuan untuk kesehatan dan kebugaran juga untuk menjaga hubungan sosial dan pengembangan kekayaan budaya daerah serta merawat kebhinekaan atau keberagaman

Baca Juga : Kakek Tua Ditemukan Tewas Telungkup di Dalam Rumahnya di Kompleks Pasar Baru Merauke

“Pemerintah daerah mendukung pengurus KORMI Provinsi Papua Selatan untuk sama-sama mengembangkan olahraga masyarakat di Papua Selatan,” ucap Apolo Safanpo.

Ketua KORMI Provinsi Papua Selatan Soleman Jambormias mengapresiasi pejabat gubernur yang sangat mendukung pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga masyarakat di Provinsi Papua Selatan.

“Atas dukungan Bapak Pj Gubernur KORMI Papua Selatan mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp1 miliar untuk membiayai program tahun ini,” tandas Soleman Jambormias. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646