0%
logo header
Senin, 10 Juni 2024 16:30

Survei Pilgub Sulsel Terbaru: Duet Andi Sudirman-Fatmawati Unggul Jauh, Danny-Indah Kedua

Rizal
Editor : Rizal
Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis survei terbaru terkait elektabilitas figur yang bakal bertarung di Pilgub Sulsel 2024 mendatang. (Foto: Istimewa)
Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis survei terbaru terkait elektabilitas figur yang bakal bertarung di Pilgub Sulsel 2024 mendatang. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis survei terbaru elektabilitas figur yang digadang-gadang bakal bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2024 yang dihelat November mendatang.

Survei tersebut direkam pada 3-8 Juni 2024 dengan menggunakan 1.440 sampel yang tersebar di 24 kabupaten/kota se Sulsel. Adapun margin of error sebesar 3,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Hasilnya, nama Andi Sudirman Sulaiman kokoh di puncak dengan perolehan suara 31,5 persen. Di urutan kedua dengan angka 14,7 persen ditempati Ilham Arief Sirajuddin. Ketiga ada nama Adnan Purichta Ichsan dengan 9,9 persen.

Baca Juga : Aspirasi Masyarakat Jadi Prioritas Karaeng Kio Saat Pimpin Gowa

Selanjutnya ada nama Fatmawati Rusdi dengan angka 8,6 persen. Disusul Indah Putri Indriani dengan angka 8 persen.

Selanjutnya, di posisi keenam ditempati Moh Ramdhan Pomanto dengan angka 6,6 persen, Andi Iwan Darmawan Aras sebesar 5,4 persen, Taufan Pawe 4,2 persen dan Andi Bau Sawa Mappanyukki dengan angka 0,5 persen.

Dalam survei ini responden yang tidak menjawab dan tidak tahu masih mencapai 10,6 persen. Selain survei elektabilitas perorangan, IPI juga melakukan survei simulasi pasangan.

Baca Juga : Modena HC Rolling Hill’s Makassar, Tawarkan Outlet Serasa Rumah Sendiri

Dalam simulasi tiga pasangan calon yang pertama, duet Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi unggul jauh dengan 49,7 persen. Kedua, Danny Pomanto-Indah Putri Indriani dengan angka 19,9 persen. Ketiga paslon Ilham Arief Sirajuddin-Andi Bau Sawa Mappayukki yang memperoleh angka 19 persen. Adapun responden yang tidak tahu dan tidak menjawab sebesar 11,4 persen.

Pada simulasi tiga pasangan calon yang kedua, duet Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi masih unggul telak dengan 47,2 persen. Kemudian disusul Danny Pomanto-Indah Putri Indriani sebesar 19,3 persen. Sementara, paslon Andi Iwan Darmawan Aras-Adnan Purichta Ichsan sebesar 16,4 persen. Responden yang tidak menjawab dan tidak tahu sebesar 17,1 persen.

Sedangkan dalam simulasi dua pasangan calon, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi melejit dengan angka 56,5 persen, sedangkan Danny Pomanto-Indah Putri Indriani sebesar 25,2 persen. Responden yang tidak menjawab sebesar 18,3 persen. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646