0%
logo header
Senin, 13 Februari 2023 23:01

Tindak Lanjuti Perintah Jusuf Kalla, PMI Makassar Salurkan Bantuan ke Korban Banjir

Petugas PMI Kota Makassar saat memberikan bantuan makanan kepada salah satu warga terdampak bencana banjir, Senin (13/02/2023). (Istimewa)
Petugas PMI Kota Makassar saat memberikan bantuan makanan kepada salah satu warga terdampak bencana banjir, Senin (13/02/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/02/2023). menyebabkan hampir seluruh ruas jalan terendam banjir.

Paling parah banjir terjadi di daerah pesisir seperti Pantai Losari, Pelabuhan Soekarno Hatta, Jalan Sulawesi dan Tentara Pelajar.

Adanya bencana banjir tersebut, PMI Makassar langsung merespon cepat dengan menurunkan puluhan relawan dan satu buah perahu karet ke lokasi untuk digunakan mengevakuasi warga. Selain itu, relawan PMI juga melakukan assessment.

Baca Juga : Deng Ical Dipanggil Khusus JK di Kediaman Pribadi, Ini Instruksinya

Dengan menggunakan perahu karet, relawan PMI Makassar bahu membahu menyusuri setiap pemukiman warga bersama aparat pemerintah, TNI dan Polri untuk melakukan evakuasi warga di Jalan Adhyaksa Baru.

Dari pantauan, beberapa warga yang rumahnya telah terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa terpaksa harus dievakuasi cepat ke tempat pengungsian guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya mengevakuasi, PMI Kota Makassar malam ini mendistribusikan makanan siap saji di posko pengungsian warga di Jalan Gunung Merapi.

Baca Juga : Maju Caleg DPR RI, Deng Ical Perkenalkan Dokter Koboi Sebagai Ketua Tim di Hadapan Relawan

Ditempat berbeda, tepatnya di Perumnas Antang blok 10, juga distribusikan Roti, Air Mineral dan Hygiene Kit.

Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat yang terdampak banjir bisa terlayani dengan baik.

“Tentu saja kami di PMI akan terus melakukan pemantauan perkembangan bencana banjir. Teman teman relawan ada yang standby di posko dan beberapa mobile untuk mendistribusikan bantuan makanan siap saji dan lainnya,” kata Deng Ical, sapaan Ketua PMI Makassar.

Baca Juga : Nelayan di Galesong Utara Berharap Deng Ical Terpilih Untuk Perjuangkan Aspirasi

Sebelumnya, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meminta PMI Makassar menyiapkan dapur umum untuk korban banjir.

Kebutuhan mendesak pada penyintas banjir adalah makanan dan minuman. Mereka tidak bisa menyiapkan makanan saat berusaha menyelamatkan barang masing-masing.

“Sudah saya perintahkan Ical (Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal) untuk siapkan dapur umum dan air,” kata JK melalui juru bicaranya, Husain Abdullah, Senin (13/02/2023). (*)

Penulis : Aswar (Staf PMI Kota Makassar)
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646