Bantu Pembangunan 60 Rumah Korban Konflik di Buteng, Pemprov Sultra Kucurkan Rp 3,4 Miliar

0
Gubernur Sultra Ali Mazi, memberikan sambutannya saat menemui warga Wadiabero, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Rabu (12/02/2020).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH – Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, mengakhiri kunjungan kerjanya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dengan mengunjungi Desa Wadiabero, Kecamatan Gu, Rabu (12/02/2020).

Dalam kunjungannya tersebut, orang nomor satu di Sulawesi Tenggara itu menyerahkan bantuan Sembako kepada warga dan alat tulis bagi pelajar yang menjadi korban konflik di Desa Wadiabero.

Pada kesempatan tersebut, Ali Mazi juga memerintahkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Sultra untuk membangun kembali rumah korban yang terbakar. Sebanyak 60 rumah akan dibangunkan kembali pada bulan maret mendatang dan ditargetkan akan rampung dalam waktu empat bulan. Anggaran yang disiapkan untuk membangun 60 unit rumah tersebut sebanyak Rp 3,4 miliar.

“Rumah seluruh korban yang terbakar akan kita bangunkan kembali sebanyak 60 unit,” kata Ali Mazi.

Gubernur Sultra mengingatkan agar tidak terjadi lagi permasalahan seperti beberapa waktu lalu.

“Cukup pertama dan terakhir di Kabupaten Buteng ini terjadi konflik sosial seperti Desa Wadiabero ini dengan Desa Tolandona Matanaeo beberapa waktu lalu,” ungkap Ali Mazi di hadapan masyarakat dua desa yang terlibat konflik.

Menurutnya, saat ini Buteng dibawah kepemimpinan Samahuddin-La Ntau (SamaTau) lagi gencar-gencarnya membangun. Jangan konsentrasi mereka dirusak dengan konflik dan keributan, sebab itu akan menciptakan ketidak nyamanan. Akibatnya pertumbuhan ekonomi daerah akan mengalami kemunduran karena orang luar yang mau berinvestasi takut masuk di Buteng.

“Kabupaten Buteng ini dari dulu dikenal sebagai daerah agamis yang penuh dengan kesantunan, banyak melahirkan ulama dan kyai. Mestinya kalau ada persoalan, didudukan bersama mulai dari tingkat RT/RW, desa dan kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kabupaten. Bukan mengedepankan emosi, tetapi dengan kepala dingin dan kesabaran agar semua bisa hidup dengan tenang dan nyaman,” ucap Gubernur dua periode ini. (Muh. Hafiz)

Tinggalkan Balasan