0%
logo header
Minggu, 13 November 2022 11:25

Dies Natalis ITS ke-62, Jusuf Kalla Paparkan Pentingnya Kolaborasi Riset dan Bisnis Untuk Pemanfaatan bagi Kemanusiaan

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Jusuf Kalla saat menghadiri Dies Natalis ke-62 Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang ke 62, di Graha ITS, Surabaya, Sabtu (12/11/2022). (Istimewa)
Jusuf Kalla saat menghadiri Dies Natalis ke-62 Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang ke 62, di Graha ITS, Surabaya, Sabtu (12/11/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SURABAYA — Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla atau JK, menyatakan pentingnya memadukan riset dan bisnis agar setiap temuan atau inovasi bisa lebih bermanfaat bagi manusia. Hal tersebut disampaikan Jusuf Kalla saat menyampaikan orasi ilmiah pada Dies Natalis Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang ke 62, di Graha ITS, Surabaya, Sabtu (12/11/2022).

“Riset atau inovasi harus berhubungan dengan bisnis karena yang bisa mengkomersialkan sebuah riset atau inovasi adalah bisnis. Sehingga tanpa bisnis, riset tidak akan bisa berkembang dengan baik,” ungkap JK di hadapan undangan Dies Natalis ITS ke 62.

Pada kesempatan tersebut, JK mencontohkan Bill Gates, penemu Micrososft. Pria yang pernah menjadi orang kaya di dunia tersebut sukses ketika berhasil mengkomersilkan temuannya. Padahal, lanjut JK, Bill gates berkeliling menemui banyak orang untuk memperkenalkan temuannya kala itu. Namun tidak ada yang percaya.

Baca Juga : Videotron Anies Baswedan Dilarang di Bekasi dan Jakarta, JK Sarankan Lapor ke Bawaslu

“Tapi ketika melakukan pendekatan bisnis, akhirnya inovasinya dikenal banyak orang dan ternyata membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia,” ujar ketua Umum palang Merah Indonesia (PMI) tersebut.

Dengan demikian, JK menganjurkan agar ITS memulai sebuah tatanan baru dalam kampus teknologi di Surabaya tersebut. Yaitu, agar seluruh mahasiswa fakultas teknik ITS dibekali ilmu atau pengetahuan bisnis dan managerial. “Kira-kira untuk satu semester bisa diupayakan mahasiswa ITS belajar bisnis atau entrepreneurship dengan harapan semua riset atau penemuan itu bisa dikomersialkan,” tambahnya.

Yang penting, lanjut JK, temuan atau setiap inobvasi tersebut bisa bermanfaat bagi kemanusiaan. “Sederhananya adalah bisa membuat lebih mudah, lebih murah, lebih cepat dan lebih baik bagi kehidupan manusia,” ujarnya.

Baca Juga : JK Turun Gunung, Jubir Timnas AMIN Sebut Pertanda Kemenangan Semakin Dekat

Kekuatan keterpaduan antara inovasi, teknologi dan bisnis dicontohkan oleh Ketua  Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) tersebut. Yakni fenomena banyaknya orang India yang menjadi CEO-CEO dibidang teknologi dan menjadi  orang-orang hebat di seluruh dunia. JK menyebut CEO Microsoft, CEO Google,  CEO Twitter, Orang India, Perdana Menteri inggris, serta Wakil Presiden Amerika yang berasal dari India.

“Mereka yang memimpin teknologi  dunia dibidang IT adalah semua orang India tamatan institute teknologi. Apa kuncinya, setelah lepas dari universitas teknologi, mereka masuk kampus-kampus besar yang berbasis bisnis sehingga berhasil mengatur itu semua,” beber JK lagi.

Lebih jauh JK mengingatkan kepada almamater ITS agar lebih melek dalam mengamati teknologi yang terus berkembang pesat. Paling tidak, JK menyebut tiga bidang yakni perkembangan tekonologi dibidang IT, kemudian teknologi dibidang kesehatan serta teknologi bidang system komputerisasi.

Baca Juga : Di Hadapan Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, JK Sosialisasikan Gerakan 45 Untuk Sempurnakan Rukun Islam

“Dan perubahan terbesar yang begitu mengalami perkembangan paling cepat adalah bidang IT sebab bisa berubah 100 persen tiap 18 bulan,” ungkap pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan tersebut.  

JK juga menyebut sektor yang akan dihadapi dunia internasional di masa yang akan datang, yaitu tentang mobil listrik dan motor listrik. Bagi JK, ia mengajak ITS untuk melihat potensi dari perubahan tersebut sebab trend dunia sedang mengarah ke sana. Sehingga nanti akan dibutuhkan sisten atau perangkat yang erat hubungannya dengan industry kelistrikan.

Olehnya itu, JK menekankan tiga hal yang memiliki keterkaitan dalam perkembangan teknologi di masa yang akan datang. Yakni riset, universitas dan dunia usaha atau bisnis. Kerjasama ketiga sector itu bisa saja dilakukan dengan berbagai cara. Seperti universitas melakukan riset, kemudian menjualnya ke industri. “Tentu kerjasama itu ada saham di situ. Tapi bisa juga industri memesan sesuatu untuk diriset oleh universitas dan langkah ketiga adalah kerjasama riset,” ujar JK.

Baca Juga : Amran Sulaiman Nahkoda Baru IKA Unhas Resmi Dilantik, Andi Sudirman: Selamat Bekerja

“Saya punya pengalaman waktu di pemerintahan saat membuat panser “Anua”, dimana melibatkan pemerintah, Pindad, BPPC dan lainnya,” pungkas JK. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646