0%
logo header
Minggu, 05 November 2023 09:36

Gawat! Hampir Separuh Caleg PAN Sinjai Undur Diri di Pemilu 2024

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Calon Anggota DPRD Kabupaten Sinjai dari PAN saat menyerahkan surat Pengunduran diri ke Sekretaris PAN. (Istimewa)
Calon Anggota DPRD Kabupaten Sinjai dari PAN saat menyerahkan surat Pengunduran diri ke Sekretaris PAN. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI — Kompetisi para Calon Legislatif Pemilu 2024 sudah dimulai, itu ditandai dengan penetapan 396 Daftar Calon Tetap (DCT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sinjai 3 November 2023. Strategi dan pola politik terampuh akan dilakukan agar mampu menarik simpatisan.

Bahkan, belasan Partai Politik yang telah ditetapkan menaruh harapan agar target kursi di masing-masing Dapil dapat tercapai untuk memenuhi keinginan dan hasrat sang petinggi partai.

Namun berbeda dengan calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Sinjai, belasan calon malah berbondong-bondong memilih mengundurkan diri sebelum penetapan DCT.

Baca Juga : Penyuluh dan Petani di Sinjai Belajar Budidaya Cabe, Pj Bupati Minta Action

Bukan tanpa alasan, mereka mundur sebagai calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Sinjai disebabkan salah satu kader pernah tersandung kasus narkoba tetapi tetap diakomodir dan masuk dalam daftar Caleg di KPU.

Mantan Ketua DPC PAN Sinjai Utara, Aryanti Mahrik mengatakan kader partai yang pernah tersandung kasus narkoba dan terakomodir menjadi caleg menjadi penyebab dirinya mundur sebagai pengurus sekaligus caleg. Selain itu, kebijakan internal yang dilakukan Ketua DPD terkadang membuat keputusan sepihak.

“Termasuk, program kerja dilakukan DPD PAN Sinjai banyak yang tidak terealisasi sehingga ini menjadi puncak kekesalan dan kekecewaan kami sebagai mantan pengurus,” bebernya.

Baca Juga : Ratusan Polisi Siap Amankan Proses Rekapitulasi Suara di KPU Sinjai

Kini, terhitung Calon Legislatif dari PAN Sinjai yang mengundurkan diri mencapai belasan orang yang tersebar di 4 Daerah Pemilihan serta sejumlah ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

“Total Caleg yang mengundurkan diri sebanyak 13 orang namun hingga kini masih terdaftar di DCT dan termasuk 6 ketua DPC,” ujar Mantan Caleg PAN Sinjai, Andi Mursila kepada republiknews.co.id, Minggu (4/11/2023).

Berikut Nama-nama Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Sinjai yang mundur sebelum penetapan DCT diantaranya:

Baca Juga : Fahsul Falah Sebut HJS ke-460 Momentum Penting Sejarah Perjalan Sinjai

Daerah Pemilihan I (Sinjai Utara, Bulupoddo dan Pulau Sembilan)

  1. Andi Mursila
  2. Aryanti Mahrik
  3. Dahniar
  4. Mardiana massa
  5. Drs Junaidi Mustafa

Daerah Pemilihan II (Sinjai Timur dan Tellulimpoe)

  1. Andi  Aracman Arsyi
  2. Drs M Zuhri 
  3. Ummu Qaksum

Daerah Pemilihan III ( Sinjai Selatan dan Borong)

  1. Akbar s
  2. A. Rezki Amelia

Baca Juga : KPU Sinjai Jadwalkan Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

Daerah Pemilihan IV (Sinjai Tengah dan Sinjai Barat)

  1. A Nasrullah
  2. Tanti Ramadhani
  3. Nurlaela
Penulis : Asrianto
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646