0%
logo header
Rabu, 27 Maret 2024 22:05

Gerakan Ramadan Berbagi Bahagia Dihadiri Puluhan Ribu Warga di Bone

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, bersama Pj Ketua PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, saat meninjau Stand Pangan Murah di Pelataran Lapangan Merdeka, Kabupaten Bone, Rabu (27/03/2024). (Istimewa)
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, bersama Pj Ketua PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, saat meninjau Stand Pangan Murah di Pelataran Lapangan Merdeka, Kabupaten Bone, Rabu (27/03/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BONE — Berbagai kegiatan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sulsel dan Kabupaten Bone untuk Program Berbagi Bahagia Ramadan 1445 Hijriah, di Lapangan Merdeka, Kabupaten Bone, Rabu (27/03/2024).

Diantaranya Buka Puasa Akbar yang dihadiri oleh 10.000 orang, Launching Sedekah Pohon dengan membagikan 50.000 bibit berbagai variatas, dan penyerahan bantuan ke Pemerintah Daerah dan masyarakat.

“Saya sampaikan khusus bulan suci Ramadan kali ini 1445 Hijriah kita ada gerakan sosial namanya Sulsel Ramadan 1445 Hijriah Berbagi Bahagia dan kita harus sama-sama berbagi apapun yang bisa kita bagi di lingkungan kita,” kata Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

Baca Juga : Bunda PAUD Sulsel Ninuk Triyanti Zudan Apresiasi Layanan Ruang Tumbuh Kembang Anak RSKD Dadi

Berbagi dengan sesama bisa mengatasi masalah ketimpangan sosial, kemiskinan, stunting, ketahanan pangan dan lainnya.

“Gerakan sosial ini bisa kita lakukan secara masif dan bisa kita lakukan dari Sulsel. Pada hari ini, spesial di Bone saya launching program yang melengkapi Ramadan Berbagi Bahagia dengan gerakan sosial kemanusiaan,” sebutnya.

“Ramadan Berbagi Bahagia dari Bone untuk seluruh Sulawesi Selatan dan Seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga : Sulawesi Memimpin Integrasi Geospasial, Memulai Revolusi dengan Target Peta Skala 1:5000 Tahun Depan

Sementara, Penjabat Bupati Bone, Islamuddin menyampaikan, agenda buka puasa yang dilaksanakan adalah agenda terbesar sepanjang masa yang baru dilakukan di Kabupaten Bone.

“Jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Kurang lebih 10.000 kita hadirkan di tempat ini sebagai wujud kebersamaan antara pemerintah dan rakyatnya,” ungkapnya.

Sedangkan pemberi hikmah adalah Ketua Tanfidziah PC NU Kabupaten Sidrap 2020-2025, Ustadz Muhammad Yusuf, menyampaikan terkait pentingnya bersedekah.

Baca Juga : Buka Rakor Penyelenggaraan Informasi Geospasial Regional Sulawesi, Ini yang Disampaikan Prof Zudan

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Gelar Pangan Murah, penyerahan piagam penghargaan. Diantaranya, kepada Komandan Korem 141 Toddopuli atas dedikasi dan pengabdian dalam mendukung sukses penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Bone.

Penghargaan juga diberikan kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel atas partisipasi Program Pangan Murah dalam mendukung ketahanan pangan dan stabilitas harga di Sulawesi Selatan.

Demikian juga penghargaan kepada Penjabat Bupati Bone atas partisipasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan Nuzulul Qur’an Tingkat Provinsi Sulsel.

Baca Juga : Inflasi Sulawesi Selatan Terkendali di Angka 2,42% YoY

Selanjutnya, penyerahan Bantuan Bibit Program Budidaya Tanam Sukun Bank Sulselbar kepada Pemerintah Provinsi Sulsel. Serta, penyerahan bantuan Pemprov Sulsel kepada Pemkab Bone.

Bantuan sarana pengembangan pisang Gepok senilai Rp150 juta; Bantuan Sarana pengembangan jagung manis Rp50 juta. Juga bantuan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan bagi kelompok wanita tani senilai Rp180 juta; kemudian bantuan pertanian keluarga bagi kelompok tani senilai Rp300 juta.

Terakhir, penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu sebanyak 100 orang. Dilanjutkan penyerahan bantuan kepada 200 anak yatim. Juga Penyerahan 1.000 paket Ramadan Duafa kepada satgas kebersihan Kabupaten Bone. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646