0%
logo header
Rabu, 18 Desember 2019 12:44

Jadi Pemateri di Kuliah umum UIT, Rocky Gerum Sebut Banyak Kampus Akan Tutup

Rocky Gerum membawakan Kuliah Umum di UIT Makassar, Selasa (17/12/2019).
Rocky Gerum membawakan Kuliah Umum di UIT Makassar, Selasa (17/12/2019).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Rocky Gerung, menyebut separuh Universitas di Amerika Serikat akan tutup beberapa tahun kedepan.

Hal tersebut dikemukakan Rocky Gerung saat menjadi pembicara kuliah umum di Kampus 5 Universitas Indonesia Timur (UIT), Jalan Abdul Kadir Makassar, Selasa (17/12/2019) kemarin.

“Separuh Universitas di Amerika akan tutup 15 tahun kedepan. Karena mahal dan orang bisa belajar lewat interne. Yang ada tinggal kecepatan dan ketepatan cara berpikir, itu yang dikompetisikan di dunia,” kata Rocky Gerung.

Baca Juga : Fisip-PPs UIT Gelar Webinar Nasional dan Teken MoU dengan Unpad

Untuk itu, kata Rocky, UIT Makassar yang ada di Indonesia, namun dengan Universitas-universitas di negara-negara maju.

“Jadi UIT bukan lawannya UI, tetapi Harvard, California yang juga tumbuh dengan metode yang sama untuk mengakses informasi,” beber pria kelahiran Manado itu.

Ia menyebut, cara berpikir para akademisi harus diubah. Sebab, dosen lah merupakan ujung tombak melahirkan generasi yan kritis. Mahasiswa juga kata dia, harus ikut mampu menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi masyarakat.

Baca Juga : Prodi M.Kes UIT Jalin Kerjasama MC3 dan Aroma Art Ciptakan Inovasi Produk Cuci Tangan

“Jadi tidak tergantung ada tidaknya dosen, bertatap muka, tidak tergantung ruang AC atau tidak, namun karena kecepatan berpikir bergantung pada kemampuan merumuskan madalah, dan menantang argumentasi dengan mahasiswa itu yang kita punya hari ini dan itu mengandalkan kebebasan berpikir itu ada,” bebernya.

“Inti Universitas adalah dosen, inti dari dosen adalah berpikir, karena cuma itu peralatan kita dalam universitas. Karena itu, berbeda pendapat adalah hal yang harus terjadi di dalam universitas, harus terjadi supaya dialektika itu terjadi,” sambungnya.

Selain itu dia berharap, dosen UIT bisa melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang bersaing secara internasional. Karena tidak bisa di pungkiri, UIT mengalami kemajuan pesat saat ini.

Baca Juga : Dosen Fakultas Agama Islam UIT Raih Gelar Doktor di UIN

Mari buktikan bahwa anak didik UIT bisa bertengkar di dalam situs internasional inti intinya dan kita ingin supaya masyarakat tahu bahwa UIT mampu melakukan itu, karena berdasarkan riset bisa lompat dari 1.600 ke 400 dan itu membutikan ada kualitas bertumbuh disitu, tutupnya. (Muh. Ahmad)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646