0%
logo header
Selasa, 05 Juli 2022 09:36

Ketua Departeman Sastra Indonesia FIB Unhas: Motivasi Belajar Mahasiswa di Korea Sangat Tinggi

Ketua Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas Dr.Munira Hasyim saat membwa materi “Model Pembelajaran ‘Flipped Classroom’ dan Penerapannya dalam kegiatan Pengajaran” di depan para Guru SMA PGRI Sungguminasa Gowa, Sabtu (02/07/2022). (Istimewa)
Ketua Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas Dr.Munira Hasyim saat membwa materi “Model Pembelajaran ‘Flipped Classroom’ dan Penerapannya dalam kegiatan Pengajaran” di depan para Guru SMA PGRI Sungguminasa Gowa, Sabtu (02/07/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, Dr.Hj.Munira Hasyim, S.S., M.Hum, mengungkapkan, selama 1 tahun memperoleh kesempatan mengajar Bahasa Indonesia di Hankuk University Korea Selatan, dapat melihat motivasi belajar para mahasiswa negeri Ginseng itu sangat tinggi. Mereka sangat takut gagal dalam mengikuti perkuliahan karena akan rugi. Pasalnya, mereka membayar mahal biaya kuliah semester sampai Rp 40 juta.

“Di Indonesia, motivasi anak didik dan mahasiswa kita masih sangat perlu ditingkatkan. Mereka harus didorong untuk lebih giat belajar,” ujar Dr.Munira Hasyim ketika membwa materi “Model Pembelajaran ‘Flipped Classroom’ dan Penerapannya dalam kegiatan Pengajaran” di depan para Guru SMA PGRI Sungguminasa Gowa, Sabtu (02/07/2022) lalu.

Lulusan Fakultas Sastra Unhas 1994 ini mengatakan, kekurangan “Model Pembelajaran Flipped Classroom” ini adalah jika diberlakukan terhadap anak didik yang motiuvasi dan “self regulation” (pengendalian diri)-nya masih rendah. Kemampuan mereka mengelola waktu juga harus baik, dan pengajar harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan teknologi.

Baca Juga : Mahasiswa Bima Gagas Sosialisasi Lulusan SMA di KM Tilongkabila

“Kita juga harus aktif memantau peserta didik agar aktif dalam proses pembelajaran di luar kelas, seperti mengunjungi para anak didik di rumahnya,” ujar lulusan Magister UGM Yogyakarta tahun 2004 tersebut.

Munira Hasyim yang meraih gelar Doktor dalam Ilmu Linguistik Unhas tahun 2015 itu menyebutkan, kelebihan model ini akan mengarahkan pengajar dan pembelajar berperan dengan baik. Kegiatan pembelajaran dapat disesuaikan dengan peserta didik. Peserta didik termotivasi dalam melibatkan diri dalam aktivitas pembelajaran karena mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Salah seorang Guru SMA PGRI Sungguminasa yang mengikuti kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) Unhas tersebut mengungkapkan, adanya kendala pelajaran informasi dan teknologi (IT) yang dialami mengingat banyak guru yang sudah berusia tidak muda lagi. Ini menjadi kendala utama yang dihadapi, terutama dalam memanfaatkan “Power Point Interaktif” yang menjadi bagian dari kegiatan pembalajaran yang disampaikan Tim LP2M Unhas yang juga dipimpin Dr.Munira Hasyim.

Baca Juga : Musdah Mulia Diskusikan Buku Kisah Perjalanan ke 51 Negara

Mengatasi hal ini, Munira Hasyim mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat memang sudah berakhir, tetapi belum selesai. Maksudnya, setelah kegiatan berakhir, tim LP2M Unhas akan membentuk grup whatsapp (WA) yang kelak menjadi ‘platform’ untuk berkomunikasi secara timbali balik antara Tim LP2M Unhas dengan para Guru SMA PGRI menyangkut pemanfaatan praktik materi pembelajaran yang diberikan.

M. Dahlan Abubakar yang menjadi moderator presentasi materi dalam pengabdian masyarakat yang dilaksanakan LP2M Unhas itu juga menyerahkan buku autobiografinya yang berjudul “Lorong Waktu” kepada Kepala SMA PGRI Sungguminasa Dra.Hj.Isnawati Sallatu, M.Si.

“Saya berterima kasih dan bersyukur karena memperoleh buku langsung dari penulisnya,” ujar Isnawati Sallatu saat menerima buku setebal 600 halaman yang ditulis wartawan senior dan tokoh pers tersebut.

Baca Juga : Fun Run dan Pencegahan Penyakit Degeneratif

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646
Baca Juga