0%
logo header
Jumat, 17 November 2023 20:43

Koleksi Musuem Balla Lompoa Telah Kantongi Sertifikat WBTB Kemendikbud

Chaerani
Editor : Chaerani
Salokoa atau Mahkota Kerajaan merupakan peninggalan Karaeng Tumanurung Baineya sebagai Raja Gowa I pada awal abad 14. Salokoa yang telah mengantongi WBTB Kemendikbud ini dapat dilihat di Museum Balla Lompoa. (Dok Disparbud Gowa)
Salokoa atau Mahkota Kerajaan merupakan peninggalan Karaeng Tumanurung Baineya sebagai Raja Gowa I pada awal abad 14. Salokoa yang telah mengantongi WBTB Kemendikbud ini dapat dilihat di Museum Balla Lompoa. (Dok Disparbud Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Keberadaan koleksi di Musuem Balla Lompoa, merupakan sumber pengetahuan sejarah dan kebudayaan dari Kerajaan Gowa dari masa ke masa.

Dari ratusan koleksi yang ada, salah satu koleksi telah mengantongi sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kemendikbud RI.

“Jadi keberadaan Museum Balla Lompoa itu bukan hanya dikenal sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya. Tetapi beberapa dari koleksinya telah menjadi WBTB oleh Kemendikbud RI sehingga telah mendapatkan pengakuan sebagai sebuah warisan daerah,” kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, Ikbal Thiro, dikonfirmasi, Jumat, (17/11/2023).

Baca Juga : Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Rudal Care Tuai Apresiasi Positif dari Warga Makassar

Ia mengatakan, ada pun koleksi di Musuem Balla Lompoa yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda yakni Salokoa atau Mahkota Raja.

“Jadi Salokoa atau Mahkota Raja ini ada yang asli, aslinya itu kita simpan di tempat khusus di dalam museum, dia hanya keluar saat di cuci di waktu tertentu pada momen Accera Kalompoang atau mencuci benda-benda pusaka. Sementara yang dipamerkan sebagai koleksi dan bisa dilihat pengunjung yaitu replikasi nya,” terangnya.

Menurutnya, warisan budaya yang telah mengantongi sertifikat WBTB dari Kemendikbud RI dinilai mampu menjadi icon wisata untuk dinikmati para wisatawan, khususnya dari luar Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Pemkab Bantaeng Akui Program Assiama Presisi Polres dan Huadi Group Banyak Bantu Warga

Selain Salokoa (mahkota raja), beberapa tradisi budaya yang ada di Kabupaten Gowa juga telah mengantongi WBTB. Antara lain, proses Ganti Jaga Pasukan Tubrani, proses Akkio Bunting, dan Tari Pakarena.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646